Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

Buah untuk menurunkan kolesterol dengan cepat

Buah untuk menurunkan kolesterol dengan cepat adalah buah jeruk, stroberi, anggur, dan apel. Buah tersebut mengandung pektin yang dapat menekan LDL karena buah tersebut serat larut. Sebelumnya apakah anda sudah tahu apa itu kolesterol? Kolesterol adalah suatu keadaan tidak seimbang ketika darah mengandung lemak. Kolesterol bersumber dari tubuh itu sendiri yang memproduksinya dan kolesterol bersumber dari makanan yang kita makan. Bagi penderita kolesterol tinggi cenderung bagi mereka yang mengalami obesitas karena kandungan lemak yang terdapat pada tubuh mereka.
 
Kolesterol dibagi menjadi dua macam yakni kolesterol baik atau yang biasa disebut dengan high-density lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL). Jika seseorang kelebihan LDL secara terus menerus maka akan beresiko terhadap penyakit stroke dan serangan jantung. Beberapa faktor yang menjadi penyebab kolesterol tinggi adalah faktor usia, etnis, riwayat keluarga, pola makan dan gaya hidup. Yang paling banyak adalah dari pola makan dan gaya hidup. Makanan apa saja yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi? Goreng-gorengan, keju, susu, daging berlemak, makanan bersantan, kulit ayam, mentega, cumi, otak sapi, kerang, kuning telur, makanan instan, dan kulit bebek. Selengkapnya di penyebab dari kolesterol tinggi
Anda dapat mengecek kolesterol dalam darah Anda di Puskesmas terdekat dengan biaya tidak kurang dari Rp100.000. kadar normal kolesterol seseorang adalah 160-200 mg/dL. 200-239 mg/dL berada dalam keadaan beresiko kolesterol. Di atas 240 sudah terkena kolestero tinggi.
Gaya hidup apa saja yang dapat meningkatkan kolesterol?
1. Kebiasaan merokok
Pada rokok mengandung zat akrolein yang dapat menyempitkan pembuluh arteri.
2. Sering mengkonsumsi minuman keras
3. Jarang melakukan olahraga
4. Jarang mengkonsumsi sayur dan buah seperti sering mengkonsumsi makanan instan dan berlemak.
Saat tubuh kita sudah termasuki banyak kolesterol, lemak akan masuk ke dalam pembuluh darah seperti pembuluh arteri yang lama- kelamaan akan mengendap dan mengeras. Pada kondisi demikian akan membuat aliran darah tidak lancar  karena tersumbat pada pembuluh. Tandanya adalah jantung bekerja dengan keras untuk memompa darah yang akan muncul tekanan darah tinggi. Darah tinggi akan beresiko terhadap penyakit jantung. Dan stroke. Untuk menurunkan kolesterol tinggi perlu melakukan perubahan dalam pola makan yang sehat seperti memperbanyak sayur dan buah- buahan, menghindari gorengan, menghindari makanan bersantan, dan jeroan. Lebih sehat lagi jika Anda mengurangi makan di luar dan memasak sendiri makanan di rumah. Sehingga kita tahu makanan tersebut benar- benar sehat atau tidak.
Makanan untuk mencegah dan mengatasi kolesterol tinggi
1. Bagi penderita kolesterol tinggi dapat menggantikan nasi sebagai makanan pokok dengan gandum
2. mengurangi gorengan. Usahakan makan gorengan dari minyak goreng sekali pakai. Minyak yang paling baik adalah minyak zaitun, namun harganya cenderung mahal. Oleh karena itu menghindari pemakaian minyak goreng biasa lebih dari satu kali.
3. Menggantikan daging dengan ikan karena ikan lebih sehat. Pada ikan juga mengandung omega 3 yang dapat menurunkan tingkat LDL.
4. Menkonsumsi kacang-kacangan.
5. Banyak mengkonsumsi buah- buahan. Selain kaya serat, vitamin, dan mineral, buah dapat menurunkan kolesterol dengan cepat. Sebelum sarapan, baiknya makan buah terlebih dahulu. 1 jam kemudian baru sarapan. Hindari makan buah setelah makan besar.
6. Banyak mengkonsumsi sayuran hijau.
Sayuran hijau sama halnya dengan buah seperti mengandung vitamin, mineral, dan serat. Namun buah sedikit vitamin.
7. Menggantikan protein hewani dengan protein nabati seperti olahan kedelai yaitu susu kedelai, tahu, dan tempe.
Gejala kolesterol tinggi
1. Sering migrain
2. Tekanan darah tinggi
3. Kesemutan
4. Pusing dan mual
Fakta seputar kuning telur
Tiap hari rasanya kita tidak perlah absen melihat telur. Telur yang kaya protein yang sangat diperlukan bagi olahragawan khususnya fitnes untuk membentuk massa otot ini ternyata mempunyai sisi negatif. Apa sisi negatifnya? Kuning telur mempunyai kandungan kolesterol yang tinggi. Pada setiap 100 g kuning telur terdapat 1435 mg kolesterol. Saya perjeas sekitar satu butir telur yang beratnya 17 gram terdapat 200 mg kolesterol. Kolesterol yang dimiliki seafood maupun jeroan ternyata lebih rendah dibandingkan dengan kuning telur. Tips untuk Anda, sebaiknya tidak mengkonsumsi kuning telur lebih dari satu kali dalam sehari. Akan tetapi, pada putih telur kaya akan protein, sangat sedikit kandungan kolesterolnya. 

Buah untuk menurunkan kolesterol dengan cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdullah Yatmono