Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

Cara membasmi kutu rambut dan telurnya dengan cepat

cara membasmi/ mengatasi kutu rambut dan telurnya dengan cepat. Hari gini masih ada kutu rambut? Orang yang tinggal di pedesaan masih banyak yang mempunyai kutu rambut. Teringat saat masih kuliah kerja nyata di daerah Tanjung Emas, kabupaten Semarang, Jateng setiap sore saya melihat ibu-ibu pada duduk di depan rumahnya saling membantu membersihkan kutu rambut dengan serit (sisir yang sangat tipis untuk menghilangkan kutu rambut).
cara membasmi kutu rambut dan telurnya dengan cepat
kebiasaan ibu-ibu di sore hari saling membantu mengatasi kutu rambut
Kutu rambut merupakan organisme parasit yang menghisap darah pada kulit kepala. Rasanya sangat gatal di kulit kepala. Kutu rambut mudah menular. Cara penularannya sangat unik, yaitu menular malalui bantal atau kasur, bahkan pakaian. Jadi kutu rambut akan menyebar dari orang yang memiliki kutu rambut melalui media seperti bantal, baju, bahkan di sofa. Kutu rambut mudah berkembangbiak. Satu ekor kutu rambut dapat bertelur sampai ratusan telur. Perkembangbiakannya pun sangat cepat. Telur kutu rambut menempel kuat pada rambut dan pada pangkal rambut. Satu minggu dapat menetas.
Cara membasmi kutu rambut dan telurnya dengan cepat:
1. Menghilangkan kutu rambut dengan minyak kelapa dan sisir rambut.
Orang jaman dulu menggunakan minyak kelapa atau minyak klentik untuk perawatan rambut. Minyak kelapa juga sangat efektif untuk menghilangkan kutu rambut beserta telurnya. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa secukupnya pada rambut secara merata, dari akar hingga ke ujung rambut. Pijat pada bagian kulit kepala. Karena biasanya pada pangkal rambut kutu rambut bersembunyi. Kemudian sambil menyisir dengan sisir khusus kutu rambut. Biarkan selama 30 menit. Kemudian keramas dengan shampo.
2. Menghilangkan kutu rambut dengan minyak zaitun sisir rambut.
Minyak zaitun sama manfaatnya dengan minyak kelapa, tapi minyak zaitun lebih kaya dengan vitamin E. Caranya sama dengan cara memakai minyak kelapa untuk membasmi kutu rambut dan telurnya. Selama menunggu 30 menit, sisir rambut secara merata. lihat pada sisir, kutu rambut dan telurnya pasti banyak yang menempel pada sisir.
3. Menghilangkan kutu rambut dengan gel lidah buaya dan sisir rambut.
Lidah buaya selain bermanfaat untuk kesehatan rambut seperti mencegah kerontokan, mengatasi ketombe, dan perawatan pada rambut bercabang, ternyata efektif untuk menghilangkan kutu rambut. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengambil gel lidah buaya yang dioleskan pada rambut dari pangkal rambut hingga ujung rambut secara merata. sisir rambut berkali-kali agar gel tersebar secara merata dan membasmi kutu rambut. Biarkan selama 40 menit. Keramas dengan shampo.
4. Menghilangkan kutu rambut dengan peditok (obat kutu rambut)
Obat yang sudah terkenal ini  banyak tersedia di apotek. Cara penggunaanya sangat mudah yaitu dengan mengoleskan peditok pada rambut secara merata. biarkan beberapa menit. Penggunaannya perlu harti-hati. Jangan sampai terkena mata.
Cara mencegah kutu rambut datang kembali:
1. Hindari tidur bersama teman yang memiliki kutu rambut dalam satu ranjang.
2. Hindari peminjaman bantal, pakaian seperti jaket, ataupun handuk pada anggota keluarga yang masih memiliki kutu rambut.
3. Menjaga kebersihanrambut dengan rajin keramas dua hari sekali.

Cara membasmi kutu rambut dan telurnya dengan cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: yatmono abdullah