Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

Cara menghilangkan mata ikan pada kaki atau tangan secara alami

Cara menghilangkan mata ikan pada kaki atau pada tangan. Mata ikan pada kaki dapat mengakibatkan susah berjalan. Ada penderita yang sudah mengalami mata ikan yang tidak sembuh-sembuh, namun tidak merasakan sakit. Namun ada juga yang satu bulan mempunyai mata ikan pada kaki mengalami kesakitan pada saat jalan.
cara menghilangkan mata ikan
Di dunia kedokteran, mata ikan atau kapalan dikenal dengan nama clavus. Mata ikan biasa muncul pada telapak kaki dan tangan, baik itu pada jari kaki maupun pada jari tangan.
Penyebab mata ikan adalah virus papilomavirus (HPV). Pada kasus mata ikan yang berada di kaki adalah jenis HPV-1. Jika mata ikan tidak segera diobati, akan menjadi borok. Mata ikan yang terjadi pada tangan diakibatkan oleh virus HP-2. Anjuran oleh dokter biasanya menyarankan untuk dibedah. Coba bayangkan untuk membersihkan kaki anda yang ada mata ikannya? Mengerikan bukan?
Cara menghilangkan mata ikan secara alami
1. Mengatasi mata ikan dengan getah pepaya
Getah pepaya ampuh untuk mengobati mata ikan. Caranya adalah telapak kaki atau tangan dibersihkan terlebih dahulu. Cara membersihkannya dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam. Rendam kaki selama 10 menit. Setelah itu keringkan kaki dengan handuk. Oleskan getah pepaya pada mata ikan. Untuk hasil yang maksimal, oleskan getah pepaya secara rutin pada kapalan.
2. Mengatasi mata ikan dengan lemon
Caranya adalah dengan menggosokkan buah lemon pada mata ikan secara teratur. Anda bisa menggunakan tiga kali sehari. Saat pagi, siang, dan malam menjelang tidur. sebelum digosokan dengan melon, kaki terlebih dahulu dibersihkan.
Jika anda sudah berupaya untuk mengatasi mata ikan secara tradisional tapi tidak kunjung sembuh dan malah terasa semakin sakit. Anda bisa berkunjung ke puskesmas. Berobat di puskesmas jauh lebih murah dibandingkan dengan berobat ke dokter. Benar kan? Dokter akan memberikan obat tetes pada mata ikan. Biasanya sebelum ditetesi obat, mata ikan diiris tipis sendiri dengan silet yang tajam. Setelah diiris sehingga terlihat mata ikan yang berwarna putih. Teteskan obat tersebut.
Cara mencegah mata ikan
Untuk menghindari mata ikan yang biasanya terjadi pada telapak kaki. Hendaknya selalu menjaga kebersihan telapak kaki yaitu dengan menjaga kebersihan sepatu dengan rajin mencuci sepatu, rajin mengganti kaos kaki, memakai sandal jika pergi ke toilet atau saat ke kamar mandi. Jika sepatu atau kaos kaki lembab, segera jemur di bawah matahari langsung. Bakteri atau virus akan mati.

Cara menghilangkan mata ikan pada kaki atau tangan secara alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: yatmono abdullah