Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

Cara menghilangkan selulit di perut, paha, bokong dan pasca melahirkan secara alami

Selulit pada umumnya terjadi pada wanita yang gemuk, baik itu remaja maupun orang dewasa. Pada wanita pasca melahirkan biasanya memiliki selulit pada sekitar perut, paha, dan bokong. Terjadinya selulit disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk membuang lemak. Lemak tersebut tidak bisa dikeluarkan dari bawah kulit yang pada akhirnya timbul gumpalan- gumpalan dalam ukuran kecil. Pada permukaan kulit terlihat bergelombang. Hal inilah yang membuat wanita tidak percaya diri. bagaimana cara menghilangkan selulit di perut, paha, bokong dan pasca melahirkan secara alami? Sebelumnya kita simak penjelasan berikut:
Beberapa penyebab dari selulit
Cara menghilangkan selulit di perut, paha, bokong dan pasca melahirkan secara alami
1. Obesitas
Pada wanita yang memiliki berat badan lebih dari ideal akan mudah mengalami selulit. Banyaknya lemak yang berada di bawah permukaan kulit menyebabkan tubuh tidak mampu membuang lemak secara keseluruhan sehingga timbul gelombang di permukaan kulit yang di sebut dengan selulit.
2. Kurang olahraga
Pada wanita yang tidak gemuk namun kurang berolahraga bisa mempunyi selulit. Biasanya selulit timbul pada daerah perut. Pada saat berolahraga, lemak dapat dikeluarkan melalui kelenjar keringat dalam bentuk keringat. Setelah olahraga mungkin bau keringat Anda tidak enak. Hal itu karena keringat yang mengandung lemak bercampur dengan bakteri sehingga menjadi bau yang tidak sedap.
3. Pola makan yang tidak sehat
Seiring mengkonsumsi makanan yang berlemak atau banyak mengkonsumsi protein hewani membuat tubuh wanita mudah mengalami kegemukan. Lemak tersebut akhirnya tertimbun dibeberapa bagian seperti lengan, perut, paha, dan bokong.
4. Wanita hamil dan pasca melahirkan
Wanita yang sedang hamil dan setelah melahirkan mengalami selulit pada bagian perut, paha, bokong, betis, dan lengan. Biasanya wanita hamil dan pasca melahirkan mengalami kegemukan. Untuk menghilangkan selulit pasca melahirkan diharuskan rutin berolahraga dan perbanyak sayur dan buah.
5. Faktor hormonal
Wanita sering mengalami perubahan hormon yang tidak stabil. Akibat perubahan hormon dapat menyebabkan tubuh menimbun lemak pada bagian- bagian tertentu.

Cara menghilangkan selulit secara alami
1. Menggunakan kopi dicampur air
Kopi dapat menghilangkan selulit. Kopi yang dipakai disini adalah jenis kopi hitam dari hasil gilingan kopi bukan dari pabrik, atau yang biasa disebut dengan kopi tradisional. Cara mendapatkannya sangat mudah, kita bisa membeli kopi hitam di pasar tradisional. Satu cangkir kopi ditambah dengan sedikit air sampai seperti berbentuk krim. Oleskan pada bagian kulit yang mengalami selulit. Pijat perlahan. Biarkan selama 30 menit. Bilas sampai bersih
2. Menggunakan kopi dicampur dengan lotion pelembab
Satu cangkir kopi dicampur dengan pelembab sampai seperti krim kopi. Oleskan pada selulit, pijat perlahan- lahan selama 30 menit. Bilas dengan air.
3. Minyak zaitun
Pembahasan sebelumnya mengenai manfaat minyak zaitun yang kaya manfaat. Minyak zaitun dapat dibuat sebagai campuran scrub. Bisa Anda buat scrub dari campuran minyak zaitun dengan kopi.
4. Lidah buaya
Lidah buaya kaya dengan vitamin E. Info lengkap tentang vitamin E lihat disini. Lidah buaya dapat menghilangkan selulit. Caranya mengoleskan gel lidah buaya pada bagian selulit. Untuk hasil terbaik, gunakan secara teratur atau setiap hari.
5. Olahraga
Berolahraga secara teratur dapat mempercepat menghilangkan selulit. Perpaduan antara bahan alami dan berolahraga teratur adalah cara terbaik menghilangkan selulit dengan cepat. Ketika berolahraga, tubuh kita membakar lemak, khususnya yang berada pada daerah yang mudah mengalami selulit yaitu paha, bokong, perut, dan lengan.

Langkah terakhir untuk menghilangkan selulit
Berkonsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan memberikan krim untuk menghilangkan selulit. Krim tersebut mengandung retinoid dan asam glikolat. Penggunaan krim dari dokter secara teratur atau sesuai dengan petunjuk dokter akan lebih terlihat hasilnya. Jika kamu menggunakan perawatan secara alami memang hasilnya lebih lama jika dibandingkan dengan pengobatan kimia seperti krim penghilang selulit.

Cara mencegah selulit bagi wanita biasa dan wanita yang sedang hamil
1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan bermanfaat unutk kesehatan kulit. Jenis makanan tersebut adalah bluberu, bayam, jeruk, pepaya, alpukat, sayuran dan buah lainnya. Selain itu makanan yang kaya vitamin A dapat memperbaiki sel kulit yang telah mati. Makanan yang kaya vitamin A adalah ubi manis, wortel, labu, dan mangga.
2. Konsumsi air yang cukup. Tercukupinya kebutuhan cairan dalam tubuh akan membantuk proses pencernaan dan pengeluaran zat beracun dalam tubuh. Selain itu akan membuat kulit menjadi lebih kenyal dan lembut. Penuhi air minum kamu minimal 8 gelas setiap hari. Tergantung dengan aktivitas fisik seseorang.
3. Rajin berolahraga. Berolahraga dapat memperbaiki elastisitas kulit dan memperbaiaki sirkulasi tubuh kamu. Berolahraga dapat mencegah timbunan lemak pada bagian tubuh yang rawan selulit. Selama berolahraga, tubuh akan membakar lemak sehingga tidak lemak tersebut tidak tertimbun di bawah kulit.

4. Menjaga berat badan. Penyebab utama dari selulit adalah berat badan yang tidak ideal. Untuk menjaga berat badan, perlu diperhatikan pola makan yang benar. Saat hamil, bukan berarti ibu hamil mengkonsumsi makannya dua kali dari biasanya. 

Cara menghilangkan selulit di perut, paha, bokong dan pasca melahirkan secara alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yatmono Alqorni