Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

Penyebab dan cara mengatasi kulit kering saat hamil

Selama hamil, wanita banyak mengalami beberapa masalah karena perubahan hormon. Misalnya adalah kulit wajah, kulit tangan, dan kulit badan terasa kering. Pada kali ini kami akan membahas penyebab kulit kering pada waktu hamil dan cara mengatasi kulit kering tersebut.
Penyebab dan cara mengatasi kulit kering saat hamil
Penyebab kulit kering saat hamil
Menurut dr. Dwirani Amelia yang kami kutip dari lama okezone.com, bahwa penyebab kulit kering adalah karena perubahan hormon yang signifikan. Selain dari perubahan hormon yang mencolok, sebab kulit kering juga karena dipengaruhi oleh lingkungan. Dan juga dipengaruhi oleh faktor makanan yang dikonsumsi.
dr. Dwirani juga menambahkan bahwa masalah kulit kering tersebut tidak serius. Setelah bayi lahir, kulit kering yang dialami oleh wanita hamil akan sembuh dengan sendirinya.
Cara mengatasi kulit kering saat hamil
Bagi Anda perlu menghindari faktor yang menyebabkan kulit kering dari faktor lingkungan seperti cuaca panas dan musim kemarau. Sebaiknya menggunakan lotion atau pelembab untuk mengatasi hal tersebut.  
Saat hamil wajib banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. nutrisi pada buah dan sayur dapat mencegah kulit kering. Wanita hamil disarankan juga banyak mengkonsumsi asam folat. Buah yang banyak mengandung asam folat adalah alpukat.
Buah yang bisa dikonsumsi untuk merawat kulit dari dalam tubuh adalah semangka, bengkoang, melon, pepaya, dan alpukat. Dan tidak lupa banyak mengkonsumsi air putih.
Beberapa hal yang perlu diwaspadai
Jika terdapat tanda yang aneh pada kulit kering misalnya timbul rasa gatal pada kulit, terasa mual, dan mata menguning maka harus periksakan diri ke dokter.
Cara merawat kulit kering saat hamil
1. Menggunakan lotion atau pelembab yang biasa Anda gunakan. Sebaiknya digunakan setelah mandi dan bisa digunakan sepanjang hari.
2. Mengganti sabun Anda dengan sabun yang terdapat kandungan minyak pelembab.

Penyebab dan cara mengatasi kulit kering saat hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: yatmono