Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

efek samping dan bahaya rokok elektrik bagi kesehatan

Kesempatan kali ini saya akan menjelaskan efek samping rokok elektrik dan bahaya rokok elektrik. Sebelumnya kita ketahui terlebih dahulu apa itu rokok elektrik. Rokok elektrik atau yang biasa dikenal dengan nama e-cigarette pertama kali dibuat di Tiongkok dan mulai dikenalkan di tahun 2004. Bentuknya pun sangat beragam, mulai dari bentuk cerutu sampai ke rokok biasa.
 
efek samping dan bahaya rokok elektrik bagi kesehatan
bentuk rokok elektrik yang bermacam-macam
Cara kerja dari rokok tersebut adalah saat perokok menghisap rokok elektrik, aliran udara dari perokok akan menyalakan sensor yang ada di rokok elektrik bertenaga baterai dan sensor tersebut akan menyalakan pemanas kecil di dalamnya. Pemanas tersebut akan menguapkan nikotin cair sintesis dan menguapkan propylene glycol atau PEG. Uap nikotin akan membuat nyala warna kuning pada rokok elektrik sedang kan PEG membuat rokok mengeluarkan asap seperti pada rokok yang dibakar.

Efek samping dari rokok elektrik menurut Food and Drug Administration di Amerika Serikat adalah sebagai berikut:
1. Nikotin cair sintesis yang ada di dalam rokok elektrik bisa menyebabkan paru pparu terkena iritasi.
2. Bisa menyebabkan kanker karena nikotin air akan berubah menjadi carbonyl
3. Aerosol dari asap rokok elektrik akan membuat paru paru menjadi lemah dan mudah terkena penyakit.
4. Ternyata di dalam rokok elektrik mengandung pengawet makanan dan perasa buatan pada bahan nikotin cairnya. Bahan tersebut sangat berbahaya jika dihisap dan masuk ke dalam paru paru.

Artikel diatas bersumber dari meetdoctor.com. sedangkan artikel berikut yang kami kutip dari merdeka.com tentang bahaya rokok elektrik dibanding dengan rokok biasa. Berikut kutipannya:

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti Jepang, ternyata uap rokok elektrik mengandung zat karsinogenik. Zat tersebut merupakan zat penyebab kanker bahkan sampai 10 kali bisa menyebabkan kanker dari rokok biasa. Badan kesehatan dunia WHO sudah melarang beredarnya rokok elektrik. Karena dikhawatirkan akan dihisap oleh anak-anak.

efek samping dan bahaya rokok elektrik bagi kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: yatmono