Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

Cara menghilangkan cegukan pada bayi dan anak

Saat si kecil mengalami cegukan, kita sebagai orang tua pasti bingung bagaimana cara mengatasi cegukan. Si kecil menjadi susah makan, minum, maupun istirahat. Memang pada saat masih bayi mudah cegukan. Orang tua jaman dahulu mengatakan kalau anak sedang cegukan berarti dia sedang tumbuh, lebih cepat tinggi. Namun secara medis tidak. Berikut ini cara menghilangkan cegukan pada bayi yang kami sajikan untuk Anda.
cara menghilangkan cegukan pada bayi
1. Mengubah posisi saat menyusui
Tidak kita sadari bahwa saat bayi menyusu kepada ibu, ternyata banyak udara yang masuk melalui mulut bayi. Hal ini yang bisa menyebabkan bayi mengalami cegukan. Cara untuk mengurangi jumlah udara tersebut adalah dengan mengubah posisi ibu saat menyusui.
2. Memijat pelan pada bagian belakang bayi
Untuk menenangkannya kita bisa memijat bagian belakang bayi secara perlahan. Atau dalam bahasa jawanya adalah di elus-elus perlahan.
3. Bayi makan dengan teratur
Anda mengawasi makan bayi secara teratur. Hal ini sangat baik untuk kesehatan bayi. Menurut situs Merdeka, bayi yang cegukan bisa terindikasi terjadi masalah lambung pada bayi.
4. Menghentikan menyusui saat bayi cegukan
Saat cegukan tidak berhenti, ibu segera hentikan jika sedang menyusui. Karena saat bayi cegukan sedang menyusu pada ibu, bayi bisa muntah. Setelah bayi tidak cegukan lagi. Ibu bisa menyusuinya kembali

Saat bayi anda mengalami cegukan anda tidak perlu khawatir. Tanganilah dengan tenang dan penuh kasih sayang. Usap-usap punggung atau dadanya, beralih sisi saat menyusui. cegukan pada bayi sebenarnya tidak masalah. Setelah beberapa saat cegukan pada bayi akan hilang dengan sendirinya. Semoga bermanfaat. Lantas bagaimana cara menghilangkan cegukan pada anak? Lihat disini!

Cara menghilangkan cegukan pada bayi dan anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yatmono Alqorni