Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

Penyebab dan cara mengatasi anyang anyangan secara alami

Penyebab anyang-anyangan dan cara mengatasi anyang-anyangan. Ketika kamu akan pergi ke suatu acara atau dalam perjalanan ada suatu yang mengganggu seperti anyang-anyangan, tentu tidak enak sekali rasanya. Setelah pergi ke kamar mandi ternyata air kencing yang kita keluarkan hanya sedikit. Kemudian setelah kita keluar dari kamar mandi masih terasa ingin buar air kecil lagi. Kita rasanya di PHP in oleh anyang-anyangan.

cara mengatasi anyang anyangan secara alami
Bagaimana dengan gejala anyang-anyangan kamu?
1. Rasa sakit pada bagian bawa perut, seperti ada yang menekan sehingga kita masih merasa perlu buang air kecil.
2. Setelah buang air kecil, urin yang kita keluarkan hanya sedikit. Biasanya urin berwarna kuning agak pekat dari biasanya.
3. Rasa selalu ingin buang air kecil terus. Ada yang sampai tiga atau empat kali setelah buang air kecil.
Penyebab anyang-anyangan ada tiga macam yaitu karena dehidrasi, infeksi saluran kemih, dan kehamilan.
Dehidrasi
Saat tubuh kehilangan atau kekurangan cairan sehingga proses metabolism terganggu itulah yang dinamakan dehidrasi. Cairan sangat penting bagi tubuh kita. Diantara fungsi cairan bagi tubuh ialah;
1. Sebagai media mengedarkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh
2. Memperlancar proses penyerapan nutrisi dalam tubuh
3. Memperlancar proses pengeluaran feses atau buang air besar
4. Mengeluarkan racun atau toksin dalam tubuh
5. Berperan dalam proses pembentukkan dan perawatan sel tubuh.
Beberapa akibat buruh dari dehidrasi adalah
1. susah buang air besar. Untuk mengatasi hal tersebut selengkapnya bisa kamu baca cara mengatasi buang air besar atau sembelit.
2. mulut terasa kering
3. angyang-anyangan (antara iya dan tidak untuk buang air kecil) setelah buang air kecil yang ternyata urin yang dikeluarkan sedikit.
4. tekanan darah menjadi rendah
5. terasa pusing, salah satu penyebab migraine adalah kekurangan cairan.
6. tidak konsentrasi mengerjakan sesuatu dan terasa lelah.
Untuk memudahkan tubuh kamu mengalami dedrasi adalah saat urin yang dikeluarkan kamu saat buang air kecil sedikit jumlahnya. Kemudian urin tersebut berwarna kecoklatan atau kuning. Sedangkan jika urin yang kamu keluarkan tidak berwarna demikian, maka tubuh kamu masih tercukupi cairan. Untuk menghindari dehidrasi kamu harus memenuhi kebutuhan air minum minimal 8 gelas setiap hari. Sesuai dengan aktivitas juga. Saat banyak melakukan aktivitas tentunya lebih dari 8 gelas. Selain itu hindari minuman yang besoda dan mengandung kafein.
Infeksi saluran kemih
Saluran kemih terdapat pada saluran ginjal, kandung kemih, uretra, dan ureter. Urin dikeluarkan dan diproduksi melalui saluran tersebut. Ginjal berperan dalam penyaringan darah yang dihasilkan dari penyaringan tersebut adalah urin. Setelah itu urin dikeluarkan melalui saluran yaitu ureter. Selanjutnya urin ditampung dalam kandung kemih. Proses yang terakhir adalah urin akan dikeluarkan dari tubuh melalui saluran uretra.
Saluran yang biasa terkena infeksi adalah saluran kandung kemih, ureter, dan ginjal. Saat saluran tersebut terinfeksi, gejala yang timbul adalah anyang-anyangan, nyeri saat buang air kecil, sering ingin buang air kecil walau beberapa saat yang lalu buang air kecil, bau urin lebih menyengat, dan warna urin tampak keruh.
Infeksi tersebut sebabkan oleh bakteri E. coli. Pada tubuh manusia bakteri tersebut hidup pada sekitar anus dan usus besar. Bakteri tersebut dapat masuk dan menginfeksi saluran kemih ketika seserang kurang menjaga kebersihan saat buang air besar atau buang air kecil. Setelah kamu buang air besar, kemudian kamu memegang alat kelamin sehingga bakteri yang masih menempel di tangan kamu ada yang menempel pada alat kelamin sehingga masuk ke dalam saluran kemih. Wanita sangat mudah terkena saluran kemih dibandingkan dengan pria. Wanita memiliki alat kelamin yang lebih dekat dengan anus. Jika mengalami gejala infeksi saluran kemih, hendaknya segera konsultasi dengan dokter.
Wanita hamil
Wanita yang sedang hamil akan mudah mengalami anyang-anyangan. Apalagi setelah ibu hamil memasuki trimester kedua dan trimester ketiga. Perkembangan janinlah yang menyebabkan anyang-anyangan. Janin akan medorong kandung kemih seiring dengan perkembangan janin. Jadi bisa dianggap wajar dan tidak masalah selama hamil, wanita lebih seiring mengalami anyang-anyangan.
Cara mengatasi anyang-anyangan dengan mudah dan sehat
1. Banyak mengkonsumsi air putih. Selain bermanfaat seperti yang sudah kamu jelaskan diatas, air putih akan memudahkan kita mengatasi anyang-anyangan secara alami dan cepat. Air putih akan melancarkan proses metabolism dalam tubuh. Jangan sampai tubuh kita mengalami dehidrasi. Selamat tinggal dehidrasi….!
2. Jeruk nipis. Kamu bisa mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan satu gelas air hangat. Dapat juga ditambahkan dengan madu atau gula merah secukupnya agar kita berselera meminumnya. Air jeruk nipis dapat memperlancar buang air kecil kita. Selain itu, jeruk nipis banyak kandungan vitamin C. baca juga manfaat vitamin C dan buah yang mengandung vitamin C.
3. Kumis kucing. Kamu dapat meminum air rebusan daun kumis kucing untuk mengatasi anyang-anyangan secara alami. Kumis kucing dapat memperlancar sistem pencernaan dan memperlancar pengeluaran urin. Untuk menambah selera minum, kamu dapat menambahkan gula merah.
Agar anyang-anyangat tidak datang lagi. Kamu harus melalukan berapa hal yaitu;
1. Menjaga kebersihan daerah organ itim. Bakteri dapat mudah berkembangbiak di area tersebut. Jarang mengganti celana dalam akan beresiko terhadap infeksi saluran kemih.
2. Setelah buang air besar, hendaknya cuci tangan sampai bersih. Sebelum cuci tangan dilarang memegang organ intim untuk menghindari bakteri E. coli.
3. tidak sering menahan buang air kecil. Salah satu penyebab infeksi saluran kemih adalah menahan buang air kecil sehingga bakteri dapat berkembang pada saluran kemih dan kandung kemih.
4. Mencegah dehidrasi. Saat banyak melalukan aktivitas, kamu harus imbangi konsumsi air putih. 

Penyebab dan cara mengatasi anyang anyangan secara alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdullah Yatmono