Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

Ciri-ciri usus buntu, penyebab, dan diagnosanya

Jakarta, ciri-ciri usus buntu. Apendisitis atau usus buntu merupakan penyakit peradangan pada usus buntu. Usus buntu terletak pada sisi kakan bawah perut. Usus buntu dapat menyebabkan nyeri perut kanan bawah. Pada sebagian besar penderita merasakan sakit dari sekitar pusar dan bergerak ke atas bagian kanan.
(a) usus buntu normal dan (b) tidak normal
Apendisitis dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Untuk pengobatan sendiri harus dioperasi untuk pengangkatan usus buntu.
Ciri-ciri atau gejala usus buntu dapat meliputi:
- Nyeri mendadak pada bagian sisi kanan perut bagian bawah.
- Rasa semakin sakit saat Anda batuk dan melakukan aktivitas berat.
 - Selera makan hilang
- Mual dan sampai muntah
- Perut kembung.
- Demam ringan.
- Diare atau sembelit.
Rasa nyeri tergantung dari seberapa parah penyakit usus buntu Anda. Pada wanita yang sedang hamil dan menderita penyakit usus buntu akan sering mengalami rasa nyeri pada perut bagian atas.
Penyebab usus buntu
Sumbatan pada usus buntu dapat menyebabkan infeksi. penyebab sumbatan dari makanan yang sulit dicerna seperti biji cabai, biji jambu, dan serpihan batu kecil yang terdapat pada makanan. Jika usus buntu sudah tersumbat, bakteri akan berkembangbiak lebih cepat sehingga usus menjadi meradang, bernanah, dan bengkak. Jika tidak segera ditangani usus buntu bisa pecah.
Tes dan diagnosis
Tes dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnosa apendisitis meliputi:
1. Pemeriksaan fisik untuk menilai rasa sakit pada sekitar perut. Dokter akan menekan dengan pelan pada daerah yang sakit. Ketika tekanan tangan dilepaskan, nyeri usus buntu akan semakin terasa sakit. Hal tersebut mengindikasikan bahwa usus buntu sudah meradang.
2. Dokter akan melakukan tes darah untuk memeriksa jumlah sel darah putih yang tinggi jika terjadi infeksi pada usus buntu.
3. Selain tes darah, dokter juga akan melakukan tes urine Anda untuk memastikan bahwa infeksi saluran kemih atau batu batu ginjal.
4. Tes alat pencitraan. Untuk mengetahui penyebab rasa nyeri pada bagian perut Anda, dokter merekomendasikan untuk tes sinar-X pada perut, atau USG perut. Jika positif terdapat tanda pada bagian apendiks, maka dokter segera melakukan tindakan medis.
Jika Anda telah didiagnosis menderita susu buntu, Anda perlu melakukan hal-hal berikut:
1. Menghindari aktivitas yang berat.
2. Tidur ketika Anda merasa capek atau lelah.
Tips untuk menjaga kesehatan usus buntu kita:
1. Menghindari makanan yang sulit dicerna seperti biji cabai, biji jambu biji, dan makanan yang setengah matang.
2. Menghindari minuman beralkohol.
3. Rutin melakukan olahraga karena aktivitas tersebut juga membantu melancarkan pencernaan.

Ciri-ciri usus buntu, penyebab, dan diagnosanya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yatmono Alqorni