Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

Cara agar cepat tidur di malam hari

cara agar cepat tidur di malam hari – Setelah lama tidak update isi blog ini karena kesibukan menangani pasien yang sangat, saya sempatkan menulis artikel ini saat tugas malam di Purwokerto. Susah tidur juga sering saya alami. Saat kerjaan menumpuk yang harus segera diselesaikan membuat saya sering lemburan. Apalagi dengan jadwal untuk buka praktek di tempat lain. Demi melayani pasien saya ikhlas melalukannya. Teringat ucapan seorang dosen, menjadi seorang dokter harus melayani pasiennya dengan hari dan jangan lupa untuk mendoakan pasien agar cepat sembuh. Karena yang memberi kesembuhan hanya Alloh yang Maha Menyembuhkan.
Cara agar cepat tidur di malam hari


Apabila anda mengalami susah tidur di malam hari, anda harus kenali dulu penyebabnya. Coba anda berpikir apakah anda termasuk memiliki penyebab susah tidur berikut ini:
1. Stres memikirkan untuk hari esok
Stres merupakan penyebab utama setiap orang susah untuk tidur. Semakin orang itu kaya maka semakin banyak pekerjaan dan akibatnya banyak stres. Eeiittttzzz bukan orang kaya saja yah... jujur saja kalau orang yang hidupnya pas namun cukup kita bisa lihat mereka tidurnya tenang. Karena mereka menjalani hidup dengan hati yaitu mereka sudah mengenal Alloh yang mengurus pekerjaan kita. Oleh karena itu anda harus bisa menghindaristres.

2. Minum kopi
Sudah kita ketahui bahwa kopi mengandung kafein. Apalagi kalau kopi hitam kandungan kafeinnya lebih tinggi dibandingkan dengan kopi yang putih.

3. makan makanan yang pedas
Makan makanan yang pedas bisa membuat anda bisa susah tidur karena rasa pedasnya itu yang bisa membuat lambung dan usus anda bekerja secara ekstra. Sebaiknya anda jangan makan makanan yang terlalu pedas WALAUPUN anda seorang yang kuat memakan makanan yang pedas. Sayangilah perut anda.

4. suara gaduh
Seperti yang saya alami dulu ketika masih nge-kost. Teman saya sering memutar musik dengan keras sehingga saya merasa terganggu. Sebaiknya anda menghindari suara gaduh yang entah datangnya dari musik atau orang bicara.

Diantara empat penyebab orang susah tidur apakah anda pernah mengalami salah satunya? Dari survei penyebab orang susah tidur adalah karena stres memikirkan sesuatu entah stres dari keluarga, pekerjaan, sekolah, dan lainnya. Saya juga waktu kuliah dulu saya susah tidur karena banyak memikirkan skripsi. Berikut penjelasan saya mengenai cara agar cepat tidur di malam hari berdasarkan pengetahuan saya dan saya mengambil dari literatur buku di rumah saya:

1. Berikir positif dan rileks.
Saat anda merebahkan di kasur buanglah semua masalah yang ada. Tutup masalah itu dan kunci dari pikiran anda. Anda pasrahkan semua masalah atau aktivitas untuk esok hari kita serahkan kepada Allah SWT. Sebelum tidur kita berdoa terlebih dahulu dan berdoa semoga masih ada waktu kita hidup di hari esok untuk berbuat, bekerja yang lebih baik. Kita rileks dan tinggalkan semua masalah dan kita pasrahkan semuanya kepada Allah SWT.

2. Silent atau matikan gatget.
Saya bertanya kepada anda “berapa banyak grup yang anda ikuti di sosmed anda? Seperti grup  di BBM, WA, dan lainnya”. Di grup tersebut selalu update tidak mengenal waktu. Sebainya anda matikan sambungan internetnya atau tidak di silent. Selain itu gatget jangan di taruh dengan ranjang tidur kita. Karena gatget memancarkan radiasi yang tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Saya sarankan, bisa anda taruh di meja dekat temat tidur anda.

3. Padamkan lampu atau kamar dibuat remang-remang.
Saat sebelum tidur bisa anda matikan lampu kamar tidur atau bisa menyalakan lampu tidur anda. Lampu yang menyala terus bisa membuat tubuh kita tidak bisa istirahat secara sempurna saat tidur.

4. Kamar yang tertata rapi dengan posisi bantal yang nyaman.
Kamar yang tertata rapi akan membuat kita nyaman untuk tidur. Apalagi kalau kita menaruh aroma terapi yang setiap beberapa menit alat tersebut menyemprotkan aroma terapi. Pasang posisi bantal yang nyaman untuk leher anda. Saat anda memakai bantal yang nyaman di kepala dan leher akan membuat tidur anda berkualitas dan sehat.


Demikian cara agar cepat tidur di malam hari yang bisa saya bagikan untuk anda. Semoga tidur anda nyaman dan berkualitas. Dengan tubuh yang sehat kita bisa mengerjakan pekerjaan kita dengan benar dan baik dan yang paling utama adalah dengan badan yang sehat kita bisa beribadah dengan baik kepada Allah SWT. Gunakan masa sehatmu untuk yang lebih bermanfaat. Baca juga artikel saya di bawah ini:

Cara agar cepat tidur di malam hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: yatmono abdullah