Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

cara mengatasi dan mencegah biang keringat pada bayi dari pengalamanku

Berikut ini kami akan memberikan tips cara mengatasi biang keringat pada bayi dan cara mencegah biang keringat pada bayi dan anak. Dari pengalaman mempunyai seorang anak, sangat ribet saat si dedek masih bayi. Salah satunya adalah si dedek terkena biang keringat. Kalau di tempat kami nama biang keringat biasa dikenal dengan “keringet buntet”. Kami berkonsultasi kepada bidan bagaimanan cara mengatasi biang keringat tersebut. Karena si dedek jadi sering menangis dan tidak pulas tidurnya. Sebagai orang tua tentu susah dan sedih melihatnya. 
cara mengatasi biang keringat pada bayi
contoh bentuk biang keringat

Sebelumnya saya tidak tahu apa itu biang keringat. Biang keringat itu ciri cirinya bintik-bintik kecil yang merah di permukaan kulit. Pada bayi tentunya terasa gatal. Biang keringat dapat terjadi di kulit bagian dada, punggung, dahi, bahkan bisa terjadi di seluruh tubuh anak. Terutama pada lipatan-lipatan seperti dibagian ketiak, paha, dan leher. Biang keringat atau keringet buntet terjadi jika kelenjar keringat tersumbat oleh kotoran yang ada dipermukaan kulit. Kulit bayi dan kulit orang dewasa tentunya berbeda, kulit bayi yang sangat halus dan lembut mudah iritasi.

Nah berikut ini kami sampaikan kepada teman teman cara mengatasi biang keringat.
1. Jika telah terjadi biang keringat, cukup lap dengan handuk yang bersih dan mudah menyerap air kemudian ditaburi dengan bedak yang khusus untuk biang keringat
2. Bedak yang dioleskan adalah bisa bedak dingin seperti Salcyl, bisa juga dengan salep ataupun lotion yang mengandung zinc oxide. Bisa juga dengan minyak kelapa yang dioleskan pada biang keringat.
3. Tetap dimandikan secara teratur satu atau dua kali, kalau tidak bisa di lap saja.
4. Jika biang keringat tak kunjung sembuh, bisa anda berikan cairan boorwater pada kapas kemudian oleskan pada biang keringat
5. Kenakan pakaian dengan bahan dasar katun dan tidak ketat agar sirkulasi udara lancar
6. Usahakan udara disekitar ruangan anak tidak panas/gerah. Anda bisa membuka jendela
7. Jika biang keringatnya tidak sembuh-sembuh dan anak sudah mulai rewel (sering menangis) dan susah tidur, anda bisa ke dokter terdekat.

Berikut cara mencegah bayi agar tidak terjadi biang keringat:
1. Bayi dikenakan dengan baju yang berbahan katun. Bayu dengan bahan dasar wol atau sintesis malah akan membuat anak mudah berkeringat berlebih sehingga mudah terkena biang keringat.
2. Pada saat gerah atau cuaca agak panas, bayi dikenakan baju lengan pendek dan celana pendek, bahan pakaian dari katun tentunya
3. Usahakan air untuk mandi bayi tidak terlalu hangat
4. Pakaian jangan terlalu ketat
5. Ruangan tidak membuat bayi mudah gerah/panas, bukalah jendela agar sirkulasi udara lancar.
5. Bayi dimandikan secara rutin satu kali atau dua kali sehari, kalau tidak mandipun cukup di lap saja dengan handuk hangat dan bersih agar pori pori kulit bayi tidak tersumbat oleh bedak atau kotoran.

cara mengatasi dan mencegah biang keringat pada bayi dari pengalamanku Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yatmono Alqorni