Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

Tanda tanda, gejala, dan penyebab usus buntu

Penyakit usus buntu tidaklah bisa dianggap remeh, setiap dokter selalu menyarankan untuk melakukan operasi terhadap pasiennya. Sebelum ke tanda tandausus buntu, kita kenali dulu apa sih sebenarnya usus buntu itu? Usus untu ialah usus yang menggantung, tidak terhubung dengan usus yang lain. Apa sih fungsi dari usus buntu? Fungsi dari usus buntu adalah sebagai tempat bakteri yang ‘baik’. Bakteri baik disini bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh kita.
penyebab usus buntu

Gejala usus buntu – Seperti yang kami kutip dari www.detik.com tanda tanda usus buntu ialah sebagai berikut:
 1.Rasa sakit di daerah pusar dan di bagian bawah perut sebelah kanan.
2. Setelah beberapa jam dari sakit akan semakin terasa sakitnya.
3. Pada saat batuk, di perut semakin terasa nyeri, pada saat berjalan, atau gerakan yang lainnya seperti mengguncang tubuh.
4. Jika perut bagian kanan bawah di tekan maka akan terasa semakin sakit.
5. Muntah dan mual saat makan karena di usus terdapat hambatan
6. Nafsu makan menghilang.
7. Sembelit.
8. Demam.
9. Diare.
10. Sulit untuk kentut.
11. Perut agak membengkak seperti kembung.

Penyebab usus buntu
Usus buntu terjadi karena adanya penyumbatan oleh sisa-sisa makanan yang tidak dapat dicerna oleh usus. Sisa-sisa tersebut sudah berupa feses. Kemudian sisa tersebut mengeras di bagian lubang rongga dan menyumbat. Di dalam feses sangat banyak mengandung bakteri. Ketika feses tidak bisa keluar dan bakteri di dalam lubang usus akan banyak pula sehingga menyebabkan infeksi pada usus. Memang beberapa makanan yang sulit dicerna adalah biji-bijian, seperti cabai dan biji jambu yang tidak dapat dicerna oleh usus secara sempurna.

Mencagah usus buntu

Cara yang baik untuk mencegah usus buntu ialah sering mengkonsumsi makanan yang mengandung serat yang banyak seperti buah dan sayuran. Dengan mengkonsumsi buah dan sayuran, pencernaan menjadi lancar. Feses pun akan mudah terbuang (mudah untuk buang air besar).

Tanda tanda, gejala, dan penyebab usus buntu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: yatmono