Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

Cara mengatasi muka berminyak dan ketahui penyebabnya

Purwokerto, 23 Maret 2015. Cara mengatasi muka berminyak dan ketahui penyebabnya. Melihat pola hidup pasien yang tidak sehat menggugah saya untuk menulis artikel ini. Saya melihat orang yang polah hidupnya tidak sehat bisa tercermin di wajahnya. Seperti yang saya bahas sekarang ini salah satu ciri wajah yang kurang sehat adalah berminyak. Bagaimana cara mengatasinya? Untuk cara mengatasinya sangatlah gampang. Kita harus tahu dulu penyebab dari wajah berminyak. Kalau penyebabnya sudah ketemu. Saya sangat yakin problem wajah berminyak anda akan hilang secara permanen kecuali jika kamu melanggar hal-hal yang menjadi penyebab wajah berminyak.

Cara mengatasi muka berminyak

Kenali penyebab wajah berminyak:
1. Makanan yang berlemak
Masalah utama dari pasien yang wajahnya mudah berminyak adalah pola makan dari pasien yang tidak sehat yaitu sering mengkonsumsi makanan yang berlemak. Apalagi sekarang ini makanan berlemak sangat mudah kita jumpai dan harganyapun relatif terjangkau. Sedikit-demi sedikit kita makan makanan yang berlemak lama-kelamaan akan menumpuk di dalam tubuh. salah satu cara tubuh dalam mengeluarkan lemak tersebut adalah dengan cara mengeluarkannya lewat muka. Muka menjadi lebih mudah berminyak.

2. Hormon yang tidak stabil
Kembali lagi ke pola hidup yang sehat. Salah satu penyebab perubahan hormon yang signifikan memang akan mengakibatkan wajah berminyak. Nah pemicu dari perubahan hormon yang tidak stabil adalah pola makan dan pola istirahat yang tidak baik. Misalnya saja anda kurang mengkonsumsi buah dan sayuran. Ada juga yang sudah makan buah yang banyak namun makan buahnya setelah makan. Hal ini salah besar. Makan buah yang benar adalah sebelum makan. Yang paling baik adalah sebelum sarapan kita makan buah terlebih dahulu. Setelah 2 jamu kemudian baru kita sarapan.

Setelah kamu tahu 2 penyebab utama wajah berminyak bagaimana menurutmu? Bisa kamu introspeksi diri kamu apakah pola makan kamu sudah benar? Apakah kamu sering begadang atau pola istirahat kamu salah dan masihkah kurang?

Cara mengatasi muka berminyak
1. Perbaiki pola makan
Pola makan yang baik adalah kunci utama dari segala masalah kesehata. Saya sangat jamin itu! Jika anda mengikuti pola makan yang baik maka anda tidak akan mengalami masalah dengan kesehatan anda dan usia anda pun insyaAlloh berumur panjang. Kecuali sudah kehendak Allah SWT. Contoh dari pola makan yang baik pastinya anda sudah tahu. Seperti menghindari alkohol, tidak sering makan makanan yang berlemak, menghindari gorengan, makan buah sebelum anda sarapan, banyak mengkonsumsi sayuran, menghindari makanan instan, dan sebagainya
2. Banyak mengkonsumsi air putih
Air adalah sumber kehidupan. Begitu juga air adalah sumber hidup dari sel-sel dalam tubuh. konsumsi air yang cukup akan membuat kulit wajah tidak lagi berminyak. Karena kotoran dan lemak akan dikeluarkan melalui feses kita. Selain itu sistem pencernaan kita menjadi lancar.
3. Cuci muka
Ada pasien saya yang bilang dia sering cuci muka setiap harinya. Dia bisa mencuci wajah sampai 5 kali sehari. Ini kebiasaan yang buruk jangan ditiru. Mencuci muka yang baik adalah dua kali sehari. Jika lebih dari itu kulit muka akan terkikis. Memang terlihat putih namun putih pucat, tidak segar. Jika kulit muka semakin terkikis maka kulit akan mudah teriritasi dan bisa mudah berjerawat.
3. Menggunakan tisu penyerap keringat dan lemak
Saat ini sudah banyak tisu yang berfungsi untuk menyerap keringat diwajah dan menyerap minyak pada wajah. Anda bisa membeli tisu tersebut di minimarket terdekat anda. selagi anda memperbaiki pola makan dan banyak mengkonsumsi air putih, anda bisa selalu menyediakan tisu penyeram minyak wajah.
3. Masker wajah dan bengkoang
Anda bisa menggunakan masker wajah ataupun bengkoang tiga kali dalam seminggu.  Tunggu saja efeknya selama satu bulan. Pasti wajah anda mengalami perubahan.
4. Sayur dan buah yang cukup
Saya sangat menyarankan kepada anda untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup. Khusus untuk konsumsi buah yang paling baik adalah pada saat sebelum sarapan. Baru setelah satu atau dua jam anda boleh sarapan. Ini adalah cara yang benar dalam mengkonsumsi buah. Banyak orang yang masih salah dalam mengkonsumsi buah seperti makan buah setelah selesai makan. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah akan terbuang secara sia-sia. Selain itu bisa menyebabkan pencernaan kurang sehat seperti diare.
Demikian cara mengatasi muka berminyak yang bisa saya sampaikan. Sekali lagi saya tekankan pada pola makan yang sehat dan pola istirahat yang sehat. Dua poin utama itulah yang menjadi kunci anda tetap sehat.

 Penulis: Zahra Gunawan, Fakultas kedokteran Universitas Jendral Soedirman, Purwokerto

Cara mengatasi muka berminyak dan ketahui penyebabnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: yatmono abdullah