Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

Cara menghilangkan rambut bercabang

RS Margono Purwokerto, cara menghilangkan rambut bercabang. Tadi pagi teringat pasien saya yang sedang berkonsultasi tak sadar saya mengamati rambutnya. Terlihat rambutnya kurang tertata rapi. Maklumlah karena sakit jadi mungkin tidak sempat mengurus rambut. Saya melihat rambutnya banyak bercabang. Dengan niat berbagi, kali ini saya akan mengupas cara merawat rambut bercabang dan cara mengatasi rambut bercabang. Apakah sebaiknya rambut yang bercabang itu dipotong? Saya rasa tidak karena dengan memotong rambut itu tidak akan menghentikan percabangan rambut.
Oleh kerna itu kita harus mengetahui penyebab dari rambut bercabang itu sendiri. Simak berikut ini:
cara menghilangkan rambut bercabang
sumber: google images
1. Rambut kurang nutrisi
Nutrisi rambut itu berasal dari dalam tubuh dan nutrisi dari luar tubuh. Nutrisi dari dalam tubuh adalah hal yang paling utama dalam perawatan rambut. Misalnya adalah tercukupinya kebutuhan protein tubuh dan vitamin dalam tubuh. Saya kadang heran bahwa banyak orang yang tergiur dengan iklan dan salon untuk merawat rambut, padahal perawatannya dari luar tubuh. Oleh karena itu pembaca setia blog saya, setelah anda tahu bahwa rambut bercabang itu ternyata menggambarkan kondisi badan anda yang kurang nutrisi, Anda sebaiknya segera perbaiki pola makan anda mulai dari sekarang. Selain nutrisi seperti protein dan vitamin yang cukup juga dibutuhkan mineral dalam makanan kita. Mari kita konsumsi makanan yang seimbang. Hendaknya mulai sarapan dengan buah. Jangan takut sakit perut. Setelah sarapan dengan buah, minimal 30 menit baru kita sarapan. Selain itu juga perbanyak mengkonsumsi sayuran. Sayangilah badanmu seperti kamu menyayangi pacar atau istrimu.

2. Sering menggunakan minyak rambut yang “hard” bagi cowok
Buat cowok menggunakan minyak rambut yang hard ini bisa berakibat tidak baik untuk rambut. Dapat merusak rambut seperti percabangan rambut dan minyak dari rambut itu sendiri. Oleh karena itu setelah memakai minyak rambut yang kategorinya “hard” segera bilas dengan air biasa.

3. Sering keramas
Sering kerama akan membuat kandungan minyak di kulit kepala dan rambut semakin hilang. Sedangkan minyak tersebut mengandung nutrisi alami bagi rambut yang bisa melindungi dari sengatan matahari dan debu. Makannya tidak heran banyak kasus rambut bercabang itu dialami oleh para wanita yang sering keramas.

4. Penggunaan hair dryer berlebihan
Seringkali saya melihat di salon saat potong rambut. Saya melihat orang yang ingin merawat rambutnya, setelah dikeramasi langsung di hair dryer dengan cepat. Padahal orang itu bertujuan merawat rambutnya. Setelah di hair dryer barulah penjaga salon rambut itu memberikan nutrisi rambut. Hal ini menurut saya sangat salah sekali. Sebaiknya bagi anda penggunaan hair dryer itu jarang digunakan kecuali dalam hal yang sangat mendesak. Misalnya mau berangkat ke kantor tapi ramut masih basah. Saat kondisi rambut itu basah, rambut masih perlu penyesuaian dengan lingkungan sekitar. Apabila pada saat masih basah langsing di hair dryer maka itu akan sangat merusak rambut yang diawali dengan rambut kering dan bercabang. Dan hal ini sangat mudah menimbulkan ketombe.

5. Kandungan shampo yang kurang bersahabat
Ada beberapa jenis shampo yang “kurang bersahabat” dengan rambut dalam arti shampo tersebut mengandung zat yang berbahaya bagi kulit kepala dan rambut. Apabila anda pernah menggunakan salah satu produk shampo kemudian setelah keramas dikulit kepala terasa panas dan rambut terlalu kering itu menandakan shampo yang kurang bersahabat. Segeralah hindari shapo yang demikian. Sebaiknya gunakan shampo dan conditioner yang sesuai dengan jenis rambut kamu. Kalau kamu mencoba shampo tersebut cocok untuk rambut kamu, bisa kamu gunakan terus. Keramas yang baik adalah dua hari sekali.

Setelah anda mengetahui penyebab rambut bercabang, saya akan mengajak anda untuk tahu bagaimana caranya mengatasi rambut yang bercabang:
1. Penuhi nutrisi yang seimbang (baik dari luar maupun dari dalam tubuh)
Sudah saya singgung diatas bahwa hal utama adalah penuhi nutrisi tubuh kamu, setelah itu kamu bisa rawat tubuh kamu dengan membeli vitamin rambut yang penggunaanya dari luar. Allah Maha Indah, ciptaan Allah pun juga indah. Tubuh ini sebenarnya bisa mengatasi rambut bercabang ASAL nutrisi tubuh kita terpenuhi. Perbanyak sayur dan buah-buahan. Banyak orang yang sakit yang saya tangani karena pola makan mereka itu salah. Mereka menuruti hawa nafsunya sehingga mereka makan sembarangan. Banyak orang yang terkena diabetes dan stroke karena mereka makan makanan yang tidak sehat. Tidak heran bahwa Rosululloh Muhammad SAW bersabda bahwa perut adalah sumber penyakit. Semakin banyak kita makan makanan yang tidak sehat maka perut kita sebagai sarang penyakit.

2. Jangan sering menggunakan hari dryer.
Gunakanlah dalam waktu mendesak saja. Ibaratnya saat tubuh kamu masih panas sehabis olahraga kemudian kamu langsung mandi. Apa yang terjadi? Saya jamin tubuh kamu akan menjadi demam bahkan bisa meninggal. Begitu juga denga rambut. Sel-sel dalam rambut itu tidak bisa dengan spontan menerima panas yang tiba-tiba dari luar.

3. Gunting rambut yang bercabang dan oleskan minyak zaitun
Sudah banyak yang menjelaskan minyak zaitu. Minyak tersebut sudah diberkahi oleh Alloh SWT sehingga bisa digunakan dalam berbagai jenis hal. Anda bisa menggunting rambut yang bercabang kemudian oleskan secara merata minyak zaitun itu pada rambut dan kulit kepala. Bisa anda gunakan minyak zaitu seminggu dua kali untuk hasil yang lebih baik.

4. Gunakan sisir yang agak longgar dan keringkan rambut cukup dengan handuk
Saat rambut kita basah cukup keringkan dengan handuk yang bersih dan tidak perlu dikucek-kucek. Kesalahan fatal yang biasanya orang lakukan adalah mengkucek-kucek rambut supaya cepat kering. Itu akan merusak sel-sel rambut. Sebaiknya biasa saja. Dan gunakan lah sisir yang tidak terlalu rapat. Sisir yang terlalu rapat bisa membuat rambut patah dan bercabang.selain itu juga membuat rambut sering tertarik sehingga mudah patah.

5. Jangan terlalu lama mengikat rambut dan hindari sengatan matahari dalam waktu yang lama.
Penggunaan ikat ramut sebaiknya untuk merapikan rambut dan jangan terlalu kencang ketika mengikat rambut. Cukup yang longgar saja. Saat anda beraktivitas di luar ruangan sebaiknya jangan terlalu lama rambut anda terkena sinar matahari. Gunakanlah topi atau penutup kepala yang lainnya sehingga rambut anda terlindungi.

Demikian  artikel cara menghilangkan rambut bercabang secara alami dari keinginan seorang teman yang mengulasnya. Semoga bermanfaat. Tulisan ini saya buat selagi ada jadwa piket malam di RS Margono Purwokerto. “Indahnya berbagi ilmu untuk kemaslahatan bersama”

Cara menghilangkan rambut bercabang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdullah Yatmono