Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

Cara mengurangi rambut rontok parah/berlebihan secara alami

Purwokerto, Cara mengurangi rambut rontok berlebihan. Rambut merupakan mahkota bagi setiap individu. Selain sebagai mahkota, rambut juga berfungsi sebagai pelindung kepala dari sinar matahari dan gangguan lainnya. Banyak orang yang merogoh kecek dalam-dalam untuk perawatan rambut. Seiring dengan perawatan rambut yang dilakukan seseorang, jika tidak memilih perawatan yang tepat maka rambut yang diidamkan akan bagus malah mengalami kerusakan.
 Cara mengurangi rambut rontok berlebihan
Kerusakan yang biasa dialami oleh rambut adalah rambut rontok dan bercabang. Namun sadarkah anda penyebab rambut anda rontok atau bercabang? Yuk kita kenali penyebab rambut rontok sebelum saya bahas cara mengatasi rambut rontok secara alami:
1. Rambut sering direbonding
Rambut yang sering direbonding akan mengalami kekeringan jika tidak dirawat dengan baik. Kebanyakan dari wanita yang rambutnya setelah direbonding jarang merawat rambutnya. Padahal rebonding itu yang tidak benar akan merusak rambut.
baca : manfaat minyak zaitun untuk rambut rontok dan bercabang
2. Sisir, hairdryer, ikat rambut
Terlalu sering menyisi rambut dan sisis yang terlalu rapat dapat membuat rambut patah dan rontok. Selain itu penggunaan hairdryer yang sering dan berlebihan. Penggunaan hairdryer sebaiknya dipakai saat kebutuhan yang mendesak. Serta penggunaan ikat rambut yang terlalu kencang sehingga rambut lembab dan rontok
3. Tubuh kurang nutrisi dan vitamin
Perlu diketahui bahwa tubuh akan protes terhadap kekurangan nutrisi dan vitamin. Salah satu tandanya ialah rambut akan rontok. Mulai sekarang penuhi asupan gizi yang seimbang. Perbanyak makan buah dan sayuran agar rambut tetap sehat.
4. Penggunaan shampo
Jika rambut anda tidak cocok dengan shampo tertentu segera pilih yang sesuai dengan jenis rambut anda. Gejala shampo yang tidak sesuai adalah terasa panas di kepala setelah keramas dengan shampo tersebut.
5. Rambut yang terlalu lembab karena penutup kepala
Bagi yang menggunakan hijab. Alangkah baiknya setelah keramas anda biarkan rambut anda sampai kering. Jangan sampai rambut masih basah kemudian langsung pakai hijab.6. Terlalu lama terkena sinar matahariJika terlalu lama beraktivitas di lapangan baik pria maupun wanita sebaiknya menggunakan penutup kepala.
Itulah ke enam penyebab rambut rontok. Baca juga manfaat minyak zaitun untuk rambut rontok.  Sekarang saya akan bahas bagaimana cara mengurangi rambut rontok berlebihan:
1. Pemijatan pada kulit kepala.
Anda bisa memijat kulit kepala anda dengan santai. Bisa anda lakukan dua hari sekali. Pada saat keramas ataupun santai. Hal ini akan memperlancar aliran darah yang membawa sumber makana bagi sel yang berada di kulit kepala.
2. Mengkonsumsi sayudan dan buah-buahan yang cukup.
3. Lumuri rambut dengan lidah buaya.
Kandungan alami vitamin dan mineral dari lidah buaya sangat bermanfaat bagi rambut. Anda tidak perlu merogoh kocek yang dalam karena cukup anda smoothing dengan lidah buaya. Anda bisa gunakan lidah buaya tiga hari sekali untuk memperoleh hasil yang maksimal
4. Jangan tiap hari keramas.
Jika anda tiap hari keramas, maka kandungan minyak dan nutrisi rambut akan hilang. Untuk menjaga kelembapan alami dan nutrisi rambut, sebaiknya keramas dua hari sekali.
5. Hindari penggunaan hairdryer yang terlalu sering. 
Sudah saya jelaskan di atas6. Menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut anda7. Jangan terlalu keras dalam mengikat rambut. Dan pelan-pelan saat anda melepas ikatan rambut anda.

Itu saja 7 cara untuk mengurangi rambut rontok berlebihan yang sedang anda alami saat ini. Semoga bermanfaat. Jika artikel ini anda rasa bermanfaat, bisa anda bagikan lewat facebook atau media sosial lainnya.

Cara mengurangi rambut rontok parah/berlebihan secara alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdullah Yatmono