Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

Makanan yang menyebabkan jerawat dan komedo

Semarang, makanan yang menyebabkan jerawat dan komedo – Si Jerawat nongol lagi? Alamak… hal itu akan mengurangi tingkat kenyamanan kita di depan umu. Jerawat yang muncul di bagian wajah tertentu membuat kita kurang percaya diri. Apalagi kalau muncul di hidung dan dahi. Rasanya kita agak malu bertemu orang lain. oke guys… sudah tahu belum tentang hal-hal yang menyebabkan timbulnya jerawat? Penyebab utama timbulnya jerawat ada dua hal yaitu pola hidup dan pola makan. Pola hidup meliputi pola istirahat yang tidak teratur dan tingkat stress. Sedangkan pola makan adalah makan makanan yang tidak sehat sehingga mengakibatkan hormon di dalam tubuh tidak stabil. Kali ini saya akan membahas penyebab masalah jerawat dari segi makanan.
 
Tidak bisa kita pungkiri kalau kita melihat makanan yang enak pastinya kita akan tergoda untuk tidak memakannya. Tapi dibalik itu tersimpan hal yang tidak sehat bagi tubuh yang diantaranya adalah penyebab timbulnya jerawat.  Berikut ada 10 makanan yang menyebabkan jerawat dan komedo yang kami lansir dari activebeat sabtu 28 Maret 2015.
1. Produk susu
Jenis kananan dan minuman yang mengandung susu seperti yoghurt, cokelat, dan eskrim. Apabila anda sedang berjerawat jangan makanan yang mengandung susu karena akan memperparah jerawat anda. Di dalam susu terkandung lemak yang tinggi.
2. Lemak
Hindari makanan yang mengandung banyak lemak dari sekarang. Makanan berlemak seperti daging dan jeroan akan menimbulkan jerawat. Apalagi jika anda sedang berjerawat. Kandungan lemak dalam tubuh akan menyebabkan produksi sebum atau minyak pada kulit menjadi meningkat yang pada akhirnya akan menutup pori-pori pada kulit, terutama pada kulit wajah. Efek lain dari banyak lemak yang berada di aliran darah akan menyebabkan aliran darah tidak lancer. Hal tersebut mengakibatkan aliran oksigen menuju sel menjadi terganggu.
3. Kafein
Sobat sudah tahu kan makanan atau minuman yang mengandung kafein? Ya minuman seperti kopi, cokelat, teh, dan soda merupakan minuman yang banyak mengandung kafein. Kafein sendiri sebagai pemicu pelepasan hormone stres pada kelenjar adrenalin.
4. Gorengan
Sudah kita ketahui bahwa dalam gorengan banyak terkandung minyak yang jenuh. Proses pengeluaran minyak dari dalam tubuh melalui dua hal yaitu melalui feses dan malalui jaringan kulit. Kulit yang mengeluarkan minyak bisa berakibat tertutupnya pori-pori kulit. Apalagi kalau kulit wajah kita kotor atau terkena debu sehingga minyak di kulit wajah terperangkap sehingga beberapa hari kemudian akan timbul jerawat.
5. Gula
Makanan dan minuman yang banyak mengandung gula seperti eskrim, kue tart, sirup dan lainnya dapat menimbulkan jerawat.
Itulah kelima makanan yang menyebabkan jerawat dan komedo. Berikut ini tips untuk menghindari jerawat dari segi pola makan:
1. Buah-buahan
Kandungan gula di dalam buah-buahan tidak akan menyebabkan timbulnya jerawat. Karena kadungungan gula di dalam buah adalah gula yang alami, bukan gula buatan dan olahan seperti gula pasir. Perbanyak makan buah akan membuat pencernaan kita lancar dan sistem ekskresi/pengeluaran kita menjadi lancar juga. Aliran darah yang lancar membuat sel tidak kurang pasokan oksigen. Selain itu juga buah-buahan akan mengikat lemak yang kita makan untuk dikeluarkan bersama feses.
2. Sayuran

Sama halnya dengan buah, sayuran juga berperan penting dalam mengatasi jerawat. Banyak makan sayuran dan buah emosi kita akan terkontrol. Selain itu sistem pecernaan kita menjadi lancar sehingga tubuh tidak terlalu banyak mengeluarkan minyak. Pasokan oksigen menuju sel juga akan berjalan lancar karena tidak ada lagi minyak atau lemak yang masuk ke dalam aliran darah sehingga pori-pori wajah tidak tertutup.

Makanan yang menyebabkan jerawat dan komedo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown