Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

Penyebab bau badan pada wanita dan pria

Berikut ini kami sampaikan penyebab bau badan pada wanita dan pada pria yang kami kutip dari femina dan detik kesehatan. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab bau badan pada wanita karena faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal sendiri karena terdapat masalah pada tubuhnya misalnya karena mempunyai penyakit, kegemukan dan lainnya. Faktor eksternal biasanya berasal dari makanan atau pakaian yang ia pakai. Mempunyai bau badan akan mengurangi rasa kepercayaan diri kita untuk tampil dan bergaul dengan teman.
Mnurut dr. Amaranila Lalita Drijono, SpKK dari Perempuan Clinic dan Rumah Puan ini dia yang menyebabkan bau badan:
Penyebab bau badan seperti yang dikatakan oleh dr. Amaranila Lalita D., SpKK sebagai berikut:
1. Memiliki penyakit
Diabetes merupakan penyakit yang mengakibatkan bau badan. Gula darah yang tidak dapat terkontrol dengan baik akan menyebabkan bau badan. Selain itu penyakit liver juga bisa menyebabkan bau badan. Karena pada penderita liver, tubuh tidak bisa mengeluarkan toksin dalam tubuh.
2. Kurang menjaga kebersihan tubuh
Perilaku yang kurang baik tidak merawat tubuh seperti jarang mandi, jarang mengganti pakaian, memakai pakaian jeans dalam waktu lam, memakai baju yang tebal saat cuaca panas akan menimbulkan bau badan. Bakteri akan masuk ke dalam tubuh sehingga bakteri bisa memecah.
3. Konsumsi makanan pedas, berbau tajam, dan daging merah
Makanan yang kita konsumsi ternyata mempengaruhi bau badan kita. Apalagi makanan yang berbau tajam seperti bawang merah, bawang putih, petai, jengkol dan lainnya akan sangat berpengaruh terhadap bau badan. Makanan yang pedas bisa menjadi pemicu bau badan karena tubuh akan mengeluarkan banyak keringat berlebih yang bisa menyebabkan bau badan. Pada daging merah terdapat kandungan protein yang tinggi. Namun protein tersebut dipecah oleh amoniak yang akan dikeluarkan melalui keringat.
4. Bulu di badan

Orang yang memiliki bulu yang lebih banyak bisa mengalami bau badan karena pada bulu yang banyak terkandung kelenjar apokrin yang berfungsi sebagai pelumas atau meminyaki rambut. Saat minyak dari kelenjar apokrin banyak menempel pada bulu atau rambut, maka bakteri bisa masuk untuk memecah protein yang ada di dalam kelenjar apokrin. Tidak jarang pria mengalami bau badan yang lebih dibanding dengan wanita karena pria mempunyai bulu yang lebih banyak. 

Penyebab bau badan pada wanita dan pria Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yatmono Alqorni