Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

Daftar makanan pelancar ASI yang mudah didapat

Sebagai seorang ibu yang sedang menyusui, faktor makanan yang Anda konsumsi sangatlah penting karena ASI satu-satunya sumber gizi bagi bayi Anda. Makanan tertentu diyakini dapat meningkatkan produksi ASI. Berikut makana yang dapat meningkatkan produksi ASI:
1. Daun katuk
Dari jurnal Media Litbang Kesehatan, daun katuk berkhasiat meningkatkan produksi ASI sampai 50%. Sangat baik diberikan kepada ibu yang sedang menyusui baik setelah melahirkan sampai selama menyusui. Bagi ibu yang menyusui pasca melahirkan, pemberian ekstrak daun katuk tiap hari 3 x 300 mg selama setengah bulan.
2. Konsumsi air yang cukup
Air memang bukan termasuk ke dalam makanan. Untuk mengingatkan kepada ibu yang sedang menyusui bahwa kebutuhan cairan akan meningkat. Ibu menyusui mudah dehidrasi. Untuk produksi asi yang lancar, selain dari faktor makanan, ternyata cairan dari air putih yang diminum sangat berpengaruh dengan jumlah asi yang dikeluarkan.
3. Pepaya
Buah pepaya kaya akan asam folat, kalium, vitamin A dan vitamin C. Pepaya dapat meningkatkan produksi asi.
baca manfaat asam folat dan makanan yang mengandung asam folat tinggi
4. Kacang hijau
Kacang hijau mengandung berbagai macam nutrisi seperti mangan, kalium, fosfor, magnesium, zat besi, vitamin B1, dan protein nabati. Untuk mengkonsumsi kacang hijau, kini tersedia sari kacang hijau yang mudah anda dapatkan toko-toko. Anda juga dapat membuat bubur kacang hijau.
5. Semangka
Buah semangka merupakan buah yang mudah kita jumpai, karena buah semangka bukan buah musiman. Selain mengandung air yang tinggi, semangka mengandung asam folat, kalium, vitamin A dan C.
6. Labu siam
Labu siam atau waluh/ jipang (dalam bahasa jawa) tidak boleh dipandang sebelah mata. Sayuran yang murah meriah ini sangat bagus untuk ibu menyusui. Labu siam kaya akan asam folat, seng, mangan, vitamin K, vitamin C, kalium, magnesium, dan vitami B6. Saat menyusui, ibu hamil butuh asupan asam folat yang tinggi. Asam folat sangat bagus untuk perkembangan otak bayi.
7. Wortel
Wortel kaya dengan vitamin A. Untuk bayi, vitamin A sangat penting untuk kesehatan matanya. Worten juga mengandung beta karoten.
8. Bayam
Nutrisi pada bayam dapat meningkatkan produksi asi. Untuk mengolah bayam harus dengan hari-hati. Jika dimasak pada suhu yang tinggi atau terlalu masak, nutrisi pada bayam dapat rusak.

Demikian beberapa makanan yang dapat melancarkan asi selama menyusui. Bagi ibu yang menyusui, hendaknya menghindari makanan seperti mie instan, makanan cepat saji, makanan berlemak, dan makanan pedas.

Daftar makanan pelancar ASI yang mudah didapat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yatmono Alqorni