Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

Gejala kanker otak stadium awal

Gejala kanker otak stadium awal – Kanker otak merupakan pertumbuhan sel- sel  secara tidak normal atau tidak wajar pada otak yang mengganggu fungsi otak secara keseluruhan. Kanker otak akan menyebar dari satu titik di otak akan menyebar ke bagian otak lain sampai pada tulang belakang. Penyakit ini merupakan penyakit yang membahayakan karena otak merupakan pusat saraf, pusat gerakan, pendengaran, penglihatan, memori, pikiran, gerakan, berbicara, dan fungsi vital tubuh lainnya. Sebenarnya yang disebut dengan kanker otak adalah tumor otak yang sudah mencapai stadium tiga dan stadium empat. Tumor yang masih stadium satu dan stadium dua belum disebut dengan kanker. Akan tetapi, tumor otak yang masih stadium satu dan stadium dua dapat disebut kanker otak. 
Gejala kanker otak stadium awal
visualisasi kanker otak
Kategori kanker otak stadium awal masih bersifat jinak. Secara umum gejala kanker otak stadium awal sebagai berikut:
1. Sakit kepala yang tidak biasa
2. muntah dan mual tanpa sebab
3. Sering mengalami sakit kepala disertai dengan mual
4. Saat sakit kepalanya kambuh, rasanya semakin sakit/ lebih parah
5. Mengalami gangguan penglihatan seperti mata mulai kabur
6. Pendengaran mulai menurun
7. Kesimbangan tubuh terganggu. Cara mudah mengetesnya dalah coba Anda melakukan gerakan seperti kapal terbang, salah satu kaki diangkat. Apakah Anda masih bisa atau susah melakukannya?
8. Susah berkonsentrasi
9. Sering mengalami kebingungan dan pelupa
10. Pada bagian kepala ketika ditekan terasa sakit
11. Badan terasa lemas
12. Kemampuan berbicara menurun
Jika Anda mengalami gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter. Sejak kapan Anda merasakan gejala tersebut? Seringkah mengalami hal tersebut? Dokter biasanya akan menanyakan demikian kepada Anda. Dokter akan memeriksa secara neurologis dan secara fisik untuk keperluan diagnosis.
Kanker otak dibagi menjadi dua jenis yakni kanker otak primer dan kanker otak primer.
Kanker otak primer adalah : sel kanker yang berasal dari sel-sel di otak
Kanker otak sekunder adalah sel kanker yang bukan dari sel otak, melainkan dari penyebaran sel kanker pada bagian tubuh lainnya. Jenis kanker yang dapat menyebar ke otak atau menjadi kanker otak adalah kanker payudar*, paru-paru, ginjal, dan usus.
Penyebab kanker otak
1. Penyebab kanker otak sekunder adalah menyebarnya sel kanker dari organ tubuh lainnya ke otak.
2. Merokok
2. Paparan radiasi gelombang elektromagnetik
3. Radiasi dari sinyal handphone
4. Polusi baik asap rokok, asap kendaraan, dan asap pabrik
5. Makanan yang mengandung pemanis buatan, pewarna buatan, dan bahan kimia lainnya sehingga menimbulkan kanker lainnya. Setelah mengidap suatu jenis kanker, kanker tersebut menyebar ke otak.
Diagnosis dokter
Dokter akan menanyakan gejala- gejala kanker otak yang dialami oleh pasien. Setelah pasien mengalami dari bebejalan kanker otak, dokter menyarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti rongsen atau x-ray, CT- Scan, dan MRI. Jika positif ditemukan suatu yang bermasalah pada otak, dokter menyarankan pasien kepada dokter ahli seperti ahli bedah otak untuk keperluan pengobatan lebih lanjut.
Cara mencegah kanker otak
1. Menghindari radiasi
Radiasi bisa datang dari ponsel dan bahan lainnya. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa radiasi sinyal ponsel dapat mempengaruhi kinerja otak.
2. Mengkonsumsi makanan yang sehat.
Mengubah pola makan yang sehat seperti dengan menambah jumlah konsumsi buah- buahan dan sayur- sayuran. Perlu selektif ketika jajan agar terhindar dari makanan yang berpengawe, mengandung pemanis buatan, dan pewarna buatan.
Makanan untuk mencegah kanker
Memiliki pola hidup yang sehat akan terhindar dari berbagai masalah penyakit yang berbahaya seperti kanker. Adapun pola hidup yang sehat adalah mengubah pola makan seperti mengurangi konsumsi daging, makanan berlemak seperti gorengan dan santan, memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Berikut 5 makanan yang dapat mencegah kanker yang kami lansir dari vemale_com:
1. Buah beri
Rasberi, blakberi, bluberi, dan stroberi memiliki zat anti kanker. Buah ini mengandung banyak serat, vitamin A, vitamin C, anti oksidan, dan mineral.
2. Buah berwarna kuning/ oranye
Pepaya, jeruk, wortel, blewah, dan labu adalah jenis makanana yang kaya akan vitamin A dan vitamin C. Buah tersebut bagus untuk kesehatan kulit dan organ tubuh serta mengandung antioksidan yang tinggi.
3. Apel
Sesering mungkin kita harus mengkonsumsi apel. Apel merupakan sumber antioksidan, vitamin A, vitamin C, serat, dan mineral.
5. Brokoli
Brokoli dapat mencegah tumor yang akan menjadi kanker. Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan vitamin K, selengkapnya klik disini

Gejala kanker otak stadium awal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdullah Yatmono