Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

Manfaat minyak kelapa untuk rambut dan kulit

Perawatan rambut orang jaman dahulu adalah dengan menggunakan minyak kelapa? Sebelum membahas manfaat minyak kelapa untuk rambut alangkah baiknya kamu perlu tahu fakta tentang minyak kelapa extra virgin. Minyak kelapa kaya akan vitamin, mineral, dan karbohidrat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Pemanfaatan minyak kelapa tidak hanya sebatas untuk perawatan rambut. Ternyata dapat digunakan untuk kosmetik seperti sabun dank rim wajah. Minyak kelapa merupakan minyak yang serba guna.

Manfaat minyak kelapa untuk rambut dan kulit
Beberapa kandungan minyak kelapa adalah lemak jenuh yang baik untuk kesehatan, omega 3, omega 6, vitamin E, antioksidan, trigliserida, protein, paprat, laurat, dan kaprilat. Minyak kelapa mempunyai zat anti bakteri dan mikroba yang bisa membantu menyembuhkan infeksi pada kulit dan jerawat.
Komponen minyak kelapa dapat menjaga rambut kuat, melindungi dari efek penuaan seperti kebotakan, rambut beruban, dan rontok. Minyak kelapa juga dapat dikonsumsi secara langsung dengan aturan tertentu. Minyak kelapa dapat membantu proses penyerapan mineral, asam amino, dan vitamin.
Berikut manfaat minyak kelapa untuk rambut:
1. Merawat dan mencegah rambut rontok
Minyak kelapa sudah digunakan sejak zaman India kuno untuk perawatan rambut. Penyebab dari rambut rontok adalah karena gangguan hormonal, rambut berketombe, dan psikis yang stres. Rambut yang mengalami kerontokan akan berakibat pada kebotakan. Pada pria mudah mengalami kebotakan dibandingkan dengan wanita apalagi karena faktor genetik.
Cara menggunakan minyak kelapa pada rambut sangatlah mudah. Sediakan sisir yang lembut, menyesuaikan jenis rambut anda. Oleskan minyak kelapa pada rambut setelah di sisir. Oleskan sedikit saja dari ujung hingga akar rambut. Jika rambutnya panjang, belah rambut dengan sisir maupun tangan. Dapat juga minyak kelapa dituangkan pada telapak tangan kemudian sedikit-sedikit oleskan pada rambut. Jangan lupa kulit minyak rambut juga diolesi minyak kelapa. Setelah rambut sudah terolesi minyak kelapa seluruhnya, tutup kepala d engan handuk. Biarkan selama 30 menit hingga 45 menit agar nutrisi minyak kelapa meresap pada kulit rambut dan kulit kepala. Bilas sampai bersih dengan shampoo.
2. Merawat dan mencegah rambut bercabang
Penggunaan minyak kelapa pada rambut membantu mengurangi hilangnya protein pada rambut yang rusak. Minyak kelapa kaya akan asam laurat dan memiliki afinitas yang tinggu untuk protein rambut yang dapat meresap pada batang rambut karena berat molekulnya sangat rendah. Caranya seperti pada cara di atas, yaitu oleskan pada rambut setiap hari baik di pagi hari maupun sore hari selama 30 menit hingga 45 menit.
baca: manfaat minyak zaitun untuk rambut bercabang
3. Kondisioner rambut
Minyak kelapa merupakan kondisioner rambut yang alami daripada kondisioner yang berbahan kimia. Minyak kelapa dapat menjaga rambut tetap kemilau dan lembut. Caranya adalah oleskan minyak kelapa pada rambut secara merata pada malam hari dan cuci ke esokan harinya.
4. Anti ketombe
Pemakaian minyak kelapa secara teratur dapat menghilangkan ketombe. Caranya adalah oleskan minyak kelapa pada kulit kelapa secara merata. Pijat perlahan pada kulit kepala. Kamu bisa mencampurkan minyak kelapa dengan minya wijen. Setelah 30 menit kamu bisa bilas rambut dengan shampoo.
5. Mencegah dan menghilangkan kutu rambut
Kutu merupakan oraganisme parasit. Kutu menghisap darah pada kulit kepala. Penyebaran kutu dari penggunaan sisir yang bersamaan dengan orang yang mempunyai kutu rambut.  Ada banyak produk pembasmi kutu rambut yang tersedia di pasaran, akan tetapi penggunaan produk tersebut dapat merusak kulit kepala karena kandungan kimia yang kuat. Cara penggunaan minyak kelapa untuk menyingkirkan kutu rambut adalah oleskan rambut dengan minyak kelapa secara menyeluruh. Sisir rambut dengan menggunakan sisir yang rapat.
6. Mencegah dan merawat rambut kering
Untuk kamu yang memiliki rambut kering dan tipis butuh perhatian yang khusus untuk merawatnya. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti minyak rambut kamu. Minya kelapa sangat efektif memperbaiki tekstur rambut yang kering. Nutrisi dari minyak kelapa akan meresap pada kulit kepala dan batang rambut.
Manfaat lain dari minyak kelapa untuk kesehatan tubuh
1. Merawat kulit
Minyak kelapa dapat dijadikan sebagai pelembab alami untuk mencegah kulit kering, gatal-gatal, panu, kurap, kudis, dan infeksi. Minyak kelapa termasuk kaya vitamin E yang bagus untuk kulit yang dapat mengencangkan dan menghaluskan kulit. Cara pemakaiannya adalah dengan mengoleskan secukupnya pada kulit yang perlu perawatan seperti pada tangan dan kaki.
2. Meningkatkan sistem imunitas tubuh
Kandungan lipid sebagai anti mikroba, asam kaplirat dan asam kaprat sebagai anti virus dan jamur. Minyak kelapa dapat menangkal virus jika dikonsumsi seperti virus flu, herpes, bahkan HIV.
3. Mencegah penyakit jantung
Kandungan larut pada minyak kelapa yang mencapai 50% ini  dapat mencegah dari penyebab serangan jantung seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.
4. Pembersih make up
Minyak kelapa dapat dijadikan sebagai pembersih atau penghapus riasan. Caranya adalah dengan meneteskan minyak kelapa pada kapas kemudian sapukan pada daerah mata secara perlahan. Selain untuk pembersih make up, minyak kelapa sekaligus dapat memberi nutrisi pada kulit. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, minyak kelapa dapat dijadikan sebagai alternatif.
5. Mencegah bau mulut
Masalah bau mulut banyak dialami oleh sebagian orang. Penyebabnya bervariasi, biasanya adalah dari faktor makanan dan faktor kebersihan gigi. Untuk menghilangkan bau mulut dengan cepat dapat menggunakan perment mint. Untu memperoleh hasil yang efektif, kamu dapat berkumu dengan air kelapa. Demikian penjelasan berbagai manfaat minyak kelapa. Selain untuk untuk kesehatan rambut, ternyata untuk kesehatan tubuh lainnya. 

Manfaat minyak kelapa untuk rambut dan kulit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Abdullah Yatmono