Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

Cara melancarkan bab yang keras secara alami

Bagaimana cara melancarkan bab yang keras secara alami? caranya sangatlah mudah, yaitu dengan banyak mengkonsumsi makanan berserat. Sumber makanan yang banyak mengandung serat adalah sayuran dan buah-buahan. Susah buang air besar jangan dianggap remeh loh. Mengapa? Jika feses lama tidak dikeluarkan makan akan menimbulkan penyakit yang lainnya.
cara melancarkan bab yang keras secara alami
buah dan sayur yang banyak mengandung serat
Bakteri jahat akan berkembang biak secara cepat di dalam usus besar jika feses kita tidak dikeluarkan secara teratur. Saat kita susah BAB pasti rasanya tidak enak pada bagian perut bawah bukan? Oleh karena itu kita harus penuhi serat yang masuk ke dalam tubuh kita. Berikut cara mengatasi BAB yang keras yang kami lansir dari mediskus, 16/4/2015
1. Banyak makan makanan berserat
Sumber makanan berserat adalah pada sayuran dan buah-buahan. Cara yang lebih mudah untuk memenuhi asupan serat adalah makan buah setiap hari minimal 5 porsi. Serat pada sayur mudah rusak, oleh karena itu harus benar cara memasak sayurnya. Lebih baik lagi kalau sayurnya di makan mentah atau setengah matang. Sayuran yang banyak mengandung serat adalah bayam, kubis, kara, buncis, daun lembayung, kangkung, kol, kacang panjang.  Buah yang mudah melancarkan bab adalah buah pepaya, melon, pisang, apel, pir alpukat, dan jeruk.
2. Banyak minum air putih
Jika cukup air putih yang kita minum, maka pencernaan kita akan lancar. Air putih sangat dibutuhkan dalam proses pencernaan. Saat susah bab, anda perbanyak lagi minum air putih dibanding dari hari biasanya. Bisa ditambahkan 3 gelas sampai 4 gelas.
3. Menghindari kopi dan teh
Minuman kopi dan teh akan meningkatkan frekuensi buang air kecil kita. Kesimpulannya kopi dan teh akan membuat kita mudah dehidrasi.
Jika hal di atas belum terasa efeknya, anda bisa menggunakan obat pencahar. Obat susah bab ada yang diminum dan ada yang dimasukan ke dalam anus. Untuk menjaga bab kita lancar, perbaiki gaya hidup kita. Mulai sekarang banyak konsumsi sayuran hijau dan buah-buahan. Makanan rendang, makanan instan, junk food adalah makanan yang berminyak. Penyebab susah bab adalah banyak mengkonsumsi makanan berminyak/berlemak dan kurang asupan serat.

Cara melancarkan bab yang keras secara alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: yatmono abdullah