Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

Cara mengatasi rambut bercabang dan kering

Bagaimana cara mengatasi rambut bercabang dan kering? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut mari kita ketahui dahulu penyebab rambut bercabang dan kering. Berikut penjelasannya:
1. Rambut kekurangan nutrisi
Nutrisi tersebut berasal dari makanan yang kita makan. Jika kita kekurangan proten dan vitamin E maka rambut kita terlihat kusam selain itu bercabang. Selain nutrisi dari makanan, nutrisi luar yang berasal dari shampo, namun efeknya sedikit dan tidak bertahan lama jika dibandingkan dengan nutrisi dari dalam tubuh. sel-sel tempat tumbuhnya rambut sangat memerlukan nutrisi agar rambut tetap terjaga dengan baik.
 cara mengatasi rambut bercabang dan kering
2. Keramas setiap hari.
Banyak orang yang beranggapan bahwa keramas setiap hari akan membuat rambut sehat dan tumbuh dengan lebat. Ternyata hal itu bertolak belakang. Semakin sering kerama akan membuat rambut kehilangan kelembapan alamiahnya. Karena di kulit kepala dan rambut mengandung minyak alami yang menjaga kelembapan rambut.
3. Sering menggunakan pengering rambut.
Akibat penggunaan pengering rambut, rambut akan mudah rusak seperti bercabang dan juga kering. Kita analogikan saja. Setelah kita berenang di kolam renang kemudian kita berpanas-panasan di dekat api. Apa yang terjadi? Kita bisa langsung sakit bukan? Hal tersebut juga sama dengan rambut. Rambut yang masih basah tidak siap menerima angin yang panas yang dikeluarkan oleh pengering rambut.
4. Penggunaan minyak rambut yang hard dan cat rambut.
Minyak rambut jenis keras atau (hard) akan mengurangi elastisitas rambut dan kelembapan rambut. Biasanya yang memakai adalah cowok. Selain itu penggunaan cat rambut juga akan mempengaruhi kelembapan rambut. Nutrisi yang seharusnya sampai ke rambut akan terhalang oleh cat rambut.
Setelah anda mengatahui penyebabnya kita beralih bagaimana cara mengatasi rambut bercabang dan kering. Pada artikel sebelumnya saya telah membahas manfaat minyak zaitun untuk mengatasi rambut rontok, bercabang, dan kering. Bisa anda baca artikel tersebut. Berikut cara mengatasinya:
1. Menggunakan minyak zaitun bisa anda lihat disini cara penggunaannya.
2. Mengeringkan rambut setelah keramas dengan menggunakan handuk.
3. Memberikan nutrisi luar pada rambut yang bisa anda beli di minimarket ataupun di apotik
4. Rambut jangan terlalu panjang
5. Menghindari sengatan sinar matahari secara langsung
6. Makan makanan yang sehat dan seimbang seperti cukup protein, sayuran, dan buah-buahan
7. Menggunakan masker rambut seminggu bisa satu kali atau dua kali
8. Menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut anda. Hindari pemakaian jika rambut terlihat kering dan panas di kulit kepala
9. Menggunakan sisir yang tidak terlalu rapat
10. Menggunting ujung rambut yang bercabang kemudian bisa anda lakukan perawatan seperti pemberian minyak zaitun atau vitamin atau masker rambut.
o    Demikian cara mengatasi rambut bercabang dan kering yang bisa anda terapkan. Anda bisa membaca artikel mengenai Caramengurangi rambut rontok parah/berlebihan secara alami. Terima kasih.

Cara mengatasi rambut bercabang dan kering Rating: 4.5 Diposkan Oleh: yatmono abdullah