Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

Penyebab kolesterol tinggi dan pencegahannya

Sebenarnya apa penyebab kolesterol tinggi dan cara pencegahannya? Faktor utama penyebab kolesterol tinggi adalah pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Penyebab disisi lain adalah usia. Namun jika usia sudah tua kalau pola makannya  diperbaiki sejak dini maka bisa saja orang bebas kolesterol. Akibat dari kolesterol tinggi akan menimbulkan sejumlah penyakit yang diantaranya adalah darah tinggi, stroke, jantung dan lainnya.
penyebab kolesterol tinggi dan cara pencegahannya
Orang yang obesitas atau kegemukan bisa kita langsung menebaknya bahwa dia mempunyai kolesterol yang tinggi. Banyak orang yang mengatakan bahwa walau saya gemu tapi saya sehat. Saya jawab tidak. Karena di dalam tubuh yang gemuk terdapat sejumlah penyakit. Mungkin sekarang orang tersebut mengatakan sehat. Tapi di dalam tubuhnya terdapat penyakit yang sewaktu-wakit bisa menjadi bom waktu.
Berikut beberapa gaya hidup yang tidak sehat sehingga menimbulkan kolesterol jatah semakin tinggi:
1. mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan yang mengandung lemak jenuh.
2. sering minum minuman keras atau minuman yang beralkohol
3. jarang berolahraga sehingga toksin dan kolesterol dalam darah terendap terus dan semakin menumpuk.
4. merokok
Bagaimana dengan jenis makanan? Makanan apa saja yang mengandung kadar lemak jenuhnya tinggi? Berikut ini:
a. Telur burung puyuh
b. cumi-cumi
c. udang
d. kulit ayam
e. daging bebek dengan kulitnya
f. daging kambing
g. otak sapi
h. jeroan
i. santan
j. makanan rendang
Cara mencegah koleterol tinggi:
Untuk mencegah kolesterol tinggi sebenarnya sangat mudah. Jika kita mampu menjaga keinginan kita untuk makan makanan yang sehat. Maka kita bisa terhindar dari kolestero tinggi. Namun jika kita tidak mampu atau kita tergoda dengan jenis makanan yang tidak sehat. Maka kita sangat mudah beresiko mempunyai kolesterol yang tinggi.
1. Makan makanan yang bergizi dan memiliki kandungan lemak yang rendah
Kita boleh makan daging halal apapun asal di dampingi dengan sayuran yang cukup. Manfaat dari sayur tersebut sangat baik dalam sistem pencernaan. Dari serat dalam sayur akan membuang lemak jenuh tidak sehat yang kita makan. Selain perbanyak sayuran, anda harus memperbanyak buah-buahan.
2. Merubah pola atau gaya hidup anda dari sekarang.
Tinggalkanlah gaya hidup yang tidak sehat demi kesehatan anda. Tidak merokok, tidak minum minuman keras, tidak begadang, tidak mengkonsumsi makanan instan dan lainnya. Harus olahraga yang rutin dan didampingi dengan makan makanan yang sehat.
Anda juga bisa memeriksakan ke puskesmas terdekat untuk mengecek kadar kolesterol anda. Berapa kali? Minimal tiap sebulan sekali atau dua bulan sekali anda cek kolesterol darah anda dengan cek tensi darah anda. Agar kita bisa segera melakukan tindakan pencegahan. Selain itu agar kita bisa terlindungi dari serangan jantung. Karena kolesterol yang tinggi sangat beresiko terkena penyakit jantung. Demikian penyebab kolesterol tinggi dan cara pencegahannya. Semoga bermanfaat. Baca juga cara mencegah dan menurunkan darah tinggi

Penyebab kolesterol tinggi dan pencegahannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: yatmono abdullah