Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

Cara ampuh mengurangi minyak di wajah secara alami

Cara mengurangi minyak di wajah. Salah satu penyebab jerawat adalah wajah yang berminyak. Mengapa? Pada wajah yang berminyak, pori-pori kulit wajah akan mudah tertutup. Kelenjar minyak di bawah permukaan kulit wajah memproduksi minyak dalam jumlah yang banyak sehingga kulit wajah terlihat mengkilap. Jika pada kondisi lingkungan berdebu, debu akan mudah menempel pada wajah. Sebelum melakukan langkah untuk mengatasi wajah berminyak. Sebaiknya kamu tahu dulu penyebab wajah berminyak.
1. Faktor genetik
Tidak bisa dipungkiri bahwa faktor genetik berpengaruh pada wajah yang berminyak. Pada anggota keluargamu seperti ayah dan ibu kamu serta kerabat orang tua kamu adakah dari mereka yang wajahnya berminyak?
2. Faktor perubahan hormon
Baik cewek atau cowok yang sedang mengalami pubertas banyak dari mereka yang berurusan dengan jerawat. Saat itulah hormon akan melonjak drastis sehingga akan memperbanyak produksi minyak pada wajah.
3. Faktor makanan
Jenis makanan yang dapat membuat wajah berminyak adalah makanan cepat saji, goreng-gorengan, makanan berkuah santan, rendang, dan daging.
4. Faktor kosmetik
Kamu perlu hati-hati dalam membeli kosmeti. Tips untuk membeli kosmetik sebaiknya dari merek terkenal dan anjuran dari dokter. Jangan sampai kita membeli produk kosmetik yang asal-asalan. Apalagi di pasaran berseliweran produk dari China yang tidak jelas. Orang akan tergiur dengan harganya yang murah.
5. Stres
Stres dapat meningkatkan pengeluaran minyak pada wajah. Stres juga mengakibatkan perubahan hormon menjadi tidak stabil.
6. Faktor perubahan musim
Pada saat musim kemarau, tubuh akan banyak mengeluarkan minyak. Begitu juga pada saat suhu lingkungan yang sedang naik atau pada kelembapan yang tinggi, produksi minyak pada tubuh semakin meningkat.
baca : cara membersihkan wajah yang benar
 Cara mengurangi minyak di wajah
1. Untuk menghindari jerawat, kamu bisa menggunakan tisu wajah yang berminyak agar kotoran seperti debu tidak menempel pada wajah.
2. Menghindari makanan yang berlemak seperti daging dan goreng-gorengan. Sering mengkonsumsi makanan tersebut akan memacu kerja kelenjar minyak untuk mengeluarkan minyak melalui kulit wajah.
3. Banyak mengkonsumsi buah dan sayuran akan mencegah produksi lemak pada wajah secara berlebih. Selain itu jika kamu yang sedang berjerawat, buah dan sayur yang kita konsumsi dapat mencegah bintik hitam akibat bekas jerawat.
4. Mencuci muka sehari dua kali dengan sabun khusus wajah berminyak. Banyak produk terkenal yang bisa kamu pakai untuk mengatasi wajah berminyak.
5. Banyak mengkonsumsi air putih. Air putih akan memperlancar metabolisme dalam tubuh sehingga produksi minyak oleh kelenjar minyak dapat menurun. Pada sistem pencernaan yang lancar, kandungan lemak pada makanan yang kita makan akan diserap oleh sayuran dan buah yang kita makan. Dalam hal ini peranan serat dan air putih sangat diperlukan untuk mengeluarkan lemak yang tidak dibutuhkan dalam tubuh.
6. Cara mengurangi minyak di wajah dengan mentimum. Setelah cuci muka, kamu dapat mengoleskan masker timun pada wajah. Biarkan selama 30 menit sampai satu jam. Bilas dengan air biasa. Wajah akan kembali segar. Masker timun dapat mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang dapat menutup pori-pori wajah. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu dapat melakukannya setiap hari.
7. Mengatasi wajah berminyak dengan jeruk nipis. Kandungan zat pada jeruk nipis dapat mereduksi minyak. Jeruk nipis sangat bagus sekali untuk mengurangi wajah yang berminyak dengan cara memotong tipis jeruk nipis. Oleskan atau digosokan pada wajah dengan pelan. Biarkan selama 30 menit. Hasil yang terbaik bisa kamu lakukan setiap hari.
8. Masker bengkoang. Banyak produk kecantikan yang berbahan dasar dari bengkoang. Pastinya produk tersebut terdapat kandungan kimia yang jika digunakan secara terus menerus akan berakibat yang buruk bagi kulit wajah. Masker bengkoang dapat mengangkat sel kulit mati seperti bintik hitam bekas jerawat, luka pada wajah, dan mengatasi wajah yang berminyak. Penggunaan yang teratur dapat mengurangi produksi minyak pada wajah dibandingkan sebelumnya.

Itulah penyebab wajah berminyak dan Cara mengurangi minyak di wajah secara alami. ada tiga alternafi yang sehat yakni memilih masker bengkoang, mentimun, dan jeruk nipis. Silahkan kamu pilih sesuai dengan selera. Selamat mencoba J

Cara ampuh mengurangi minyak di wajah secara alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: yatmono