Kesehatan Ibu Hamil | Kesehatan Kulit, Wajah, dan Rambut

4 cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan secara alami

Berikut ini saya akan berbagi pengalaman mengenai cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan secara alami. Sesuai medis, salah satu penyebab penyakit darah tinggi adalah dari faktor keturunan. Di dalam keluarga saya, ayah mempunyai darah tinggi. Saya tidak pernah menyalahkan ayah saya yang mempunyai darah tinggi dan saya pun juga memiliki darah tinggi. Penyakit ini merupakan anugerah dari Allah SWT agar saya harus bisa menjaga makanan saya. Nabi kami berpesan bahwa salah pusat penyakit adalah perut dan sumber penyakit itu adalah makanan yang kita makan.
cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan secara alami
Saya akui dulu pola makan saya sangat buruk. Sering makan makanan yang kurang serat dan serba instan. Akhirnya saya sering kena darah tinggi. Untuk menurunkan darah tinggi saya biasa minum obat “captopril” yang saya peroleh dari dokter dan bisa membeli sendiri di apotek. Saya menyadari bahwa jika saya tidak merubah pola makan saya, maka saya akan sering kena darah tinggi. Penyakit darah tinggi merupakan silent killer yang bisa sewaktu-waktu mengancam nyawa saya.

Awal tahun 2014 saya mengubah pola makan saya sedikit demi sedikit. Saya sadar jika saya sering mengkonsumsi obat-obatan penurun darah tinggi, ginjal, hati, dan organ yang lainnya bisa rusak. Akhirnya Allah telah mengenalkan saya dengan food combining. Yaitu mengubah pola makan dengan banyak makan sayur dan buah. Dengan banyak makan sayur dan buah setiap kali makan dan menghindari makanan cepat saji merupakan cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan secara alami. Berikut ini daftar makanan atau sayur maupun buah-buahan yang dapat menurunkan darah tinggi dengan cepat:
1. Mentimun
Setiap kali selesai makan saya selalu mengkonsumsi mentimun. Dalam sehari saya mengkonsumsi 2 mentimun yang ukurannya sedang. Pernah saat darah tinggi saya kambuh. Saya makan 2 buah mentimun dan saya mengistirahatkan badan. Alhamdulillah tekanan saya berangsur-angsur membaik. Saran saya anda harus rutin seperti saya mengkonsumsi mentimun setelah makan. Minimal setengah buah mentimun sehingga makanan yang mengandung minyak atau kolesterol bisa terserap oleh mentimun dan dibuang melalui feses. Mentimun banyak mengandung kalium yang bisa menurunkan tekanan darah. Selain itu mentimun juga bisa mengontrol berat badan saya sehingga lebih ideal dibandingkan dahulu.
2. Sarapan dengan buah
Saya selalu memulai sarapan dengan buah. Entah itu pisang, melon, anggur, rambutan, pepaya, dan apel. Pagi-pagi jam 6 atau jam 7 saya sering sarapan dengan pisang atau semangka atau melon. Alhamdulillah dengan itu badan saya terasa nyaman untuk beraktivitas yang padat. Saya makan nasi jam 10 pagi. Walau disarapan saya ada protein hewani seperti telur atau daging. Saya selalu dampingi dengan banyak sayuran dan mentimun. Slogan saya tiada hari tanpa mentimun.

3. Banyak mengkonsumsi sayuran hijau
Banyak makan buah dan sayuran hijau bisa menyerap racun jahat atau toksin yang ada dalam tubuh kita. Selain itu menjadikan aliran darah kita lancar tidak tersumbal oleh minyak atau kolesterol dalam darah. Buah dan sayur yang kaya serat akan memperlancar sistem pencernaan kita. Saat sistem pencernaan lancar, maka kita bisa jauh dari darah tinggi.

4. minum perasan air jeruk nipis hangat di pagi hari.
Saat pertama kali minum jeruk nipis di pagi hari dan sebelum sarapan, rasanya sangat kecut. Setelah terbiasa saya baru merasa nyaman. Di dalam air jeruk nipis banyak mengandung vitamin C dan juga serat. Coba anda rasakan setelah satu minggu pasti terasa sekali manfaatnya. Saya selalu minum air jeruk nipis hangat di pagi hari. Apalagi kalau yang menyediakan adalah sang istri tercinta, rasanya sangat nikmat sekali.

Demikian cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan secara alami dari pengalaman saya. Semoga bermanfaat. Saya berpikir bahwa kalau saya sehat saya bisa beraktivitas dengan maksimal, bisa beribadah dengan maksimal, dan  bisa membahagiakan dan juga berkumpul dengan orang tercinta kita. Mari rubah pola makan kita dan rajin berolahraga.

4 cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan secara alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: yatmono abdullah